Liburan seharusnya menjadi saat yang paling membahagiakan bagi semua orang. Namun, tidak sedikit juga orang-orang yang justru mengalami stres saat liburan. Stres saat liburan hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Berikut 10 tips yang dapat mengurangi tingkat stres dan membuat Anda riang sepanjang liburan, seperti dilansir dari dummies.com, Jumat (25/12/2015).

1. Anggarkan Liburan Anda
Ini adalah salah satu hal yang paling penting. Jangan menghabiskan terlalu banyak uang saat liburan, atau Anda akan didatangi oleh tagihan kartu kredit yang menggunung di bulan berikutnya. Jangan mencoba membeli kebahagiaan. Mengatur anggaran selalu dapat mengurangi tingkat stres Anda.

2. Lebih Cepat Lebih Baik
Jika Anda merayakan Natal, sebaiknya Anda mencari dan membungkus kado Natal yang ingin Anda berikan kepada kerabat-kerabat Anda, jauh sebelum toko ramai didatangi oleh orang-orang yang mencari hal yang sama. Bingung mencari kado yang tepat di situasi yang ramai merupakan sumber dari meningkatnya stres.

3. Membagi Tugas
Selama masa liburan, Anda tidak lagi harus memikirkan pekerjaan. Anda dapat melimpahkannya kepada rekan kerja, sehingga Anda memiliki waktu untuk bersantai bersama keluarga. Anda boleh memesan kue, namun bukan Anda yang harus mengambilnya. Ini dapat mengurangi tingkat stres yang Anda miliki.

4. Libatkan Keluarga
Libatkan keluarga Anda dalam rencana liburan Anda, mulai dari menyusun anggaran, menentukan tujuan perjalanan, dan membeli hadiah. Anda dapat memastikan bahwa semua anggota keluarga menginginkan hal yang sama, sehingga suatu ketika tidak akan ada yang merajuk karena keinginannya tidak terpenuhi.

5. Menjadi Sukarelawan
Luangkan waktu Anda untuk sesekali menjadi sukarelawan di tempat ibadah, di penampungan tunawisma atau komunitas tertentu. Pengalaman ini di masa liburan Anda tidak bisa diukur dengan uang.
Waktu Anda adalah hal yang paling berharga ketika Anda sibuk bekerja, namun memberikannya kepada orang-orang yang kurang beruntung dapat membuat Anda menyadari bahwa masalah Anda tidak ada apa-apanya dibandingkan penderitaan orang lain.

6. Olahraga Secara Rutin
Kita akan melakukan hal apapun yang dapat membuat kita senang selama masa liburan, termasuk makan dan minum apapun yang kita suka. Hal terbaik yang dapat membuat kita tetap sehat adalah rajin berolahraga. Olahraga dapat mengeluarkan keringat yang berisi racun dalam tubuh kita, dan mengurangi kadar stres.

7. Rencanakan Kegiatan Anda
Dua hal yang harus dilakukan di hari yang sama dapat membuat Anda stres. Sebaiknya Anda membeli kalender dan tuliskan di dalamnya apa saja jadwal yang harus dilakukan Anda dan keluarga Anda selama liburan. Sehingga tidak ada lagi yang akan merasa frustasi karena ditinggalkan atau kehilangan kesempatan.

8. Miliki Waktu Sendiri
Anda tidak harus merencanakan setiap kegiatan yang akan Anda lakukan selama liburan. Ingatlah, bahwa penting bagi Anda untuk memiliki waktu Anda sendiri selama liburan.

9. Menerima Perbedaan
Masa liburan juga dapat Anda gunakan untuk mempelajari budaya dan tradisi lain. Diskusikan ini dengan keluarga dan teman-teman Anda.

10. Jadilah Fleksibel
Perencanaan yang matang untuk liburan memang sangat diperlukan, namun jangan terlalu ketat terhadap diri Anda sendiri. Ketika Anda menginginkan untuk pergi ke suatu tempat, bukan berarti semua anggota keluarga Anda harus menginginkan hal yang sama. Anda harus mampu berbesar hati ketika ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan perencanaan yang telah Anda buat.

Ikuti beberapa tips di atas, dan Anda akan jauh lebih bahagia dan sehat selama masa liburan Anda.

Sumber: Lifestyle Liputan6.com

BACA JUGA :