Minggu, 28 Januari 2018 – Dalam upaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Barat,  KONI NTB bersama Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat dan stakeholder terkait menggiatkan berbagai event yang salah satunya adalah “Lombok Marathon” merupakan suatu event bernuansa olahraga yang ditunggu-tunggu oleh para pelari. Event ini dihadiri 5000 pelari dari 15 negara di dunia.

Dalam kesempatan kali ini Dinas Pariwisata memberi dukungan berupa Penguatan Branding guna menyiarkan event Lombok Marathon, Penyediaan Venue, menampilkan kesenian Gendang Beleq, Musik Keroncong Modern, dan juga Peresean selama pelaksanaan Event Lombok Marathon.

Kategori lari dalam Lombok Marathon ini dibagi menjadi 4, Full Marathon (42 kilometer), Half Marathon(21 kilometer), 10 Kilometer dan 5 Kilometer, garis start di bagi mnejadi dua pada masing-masing kategori, untuk kategori Ful Marathon dan Half Marathon di pusatkan di area Senggigi Lombok barat tepatnya di depan Hotel Aruna, untuk kategori 10Km dan 5Km dipusatkan di Kota Tua Ampenan.

Acara ini berlangsung lancar dan menyenangkan karena dalam event Lombok marathon kali ini para pelari yang tiba di garis finish disambut hangat dengan tampilan kesenian Gendang Beleq.

Gambar : Gendang Beleq di garis finish

Dalam acara ini juga ditampilkan Pertunjukan Peresean kepada seluruh peserta, dimana dalam pertunjukan tersebut Wakil Gubernur dan Kapolda Nusa Tenggara Barat berpesan kepada seluruh Masyarakat dan khususnya para peserta untuk kita mampu membentengi diri dan berperang melawan bahaya Narkoba.

Gambar : Pertunjukan Peresean di tengah-tengah peserta Lombok Marathon seusai Finish

Dalam acara ini turut serta juga Istri dari Kapolda DKI,Kapolda NTB,Kapolda Yogjakarta dan juga ibu-ibu Bhayangkari lainnya dalam kategori 5 dan 10Km,
Gambar : Bhayangkari Runners saat tiba di garis Finish

Acara tersebut mendapat apresiasi dan dukungan penuh oleh Wakil Gubernur dalam wawancaranya mengatakan bahwa event ini memberikan Multiplayer Effect kepada daerah Nusa Tenggara Barat karena Acara ini diikuti oleh 15 Negara yang memiliki tujuan selain datang untuk mengikuti Lombok Marathon tentunya juga para para pelari yang berasal dari luar NTB dan Luar Negeri akan menyempatkan waktunya untuk berlibur dan menikmati beberapa destinasi wisata yang ada di Nusa tenggara Barat sehingga akan meningkatkan PAD Nusa Tenggara Barat.

Dengan berlangsungnya Lombok Marathon kali ini, dapat menjadi wadah untuk mempromosikan keunikan dan keindahan dari masing-masing Destinasi wisata yang ada baik dari segi keindahan alamnya dan tradisi yang ada sehingga menjadikan Nusa tenggara barat lebih dikenal di kancah internasional.

Gambar : Wakil Gubernur NTB bersama Para Juara

BACA JUGA :