Bagi Anda punya hobi makan, tak jarang mengalami pemborosan karena cenderung tergoda untuk jajan. Jika hal terus dibiarkan, tak menutup kemungkinan perencanaan keuangan Anda bisa berantakan.

Untuk mencegahnya, perlu ada pembenahan pola dalam mengambil keputusan saat godaan untuk makan itu muncul. Hal tersebut bertujuan agar Anda tetap bisa menabung dan menjalani hobi makan tanpa harus khawatir akan terjadi pemborosan.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Jumat (12/2/2016), berikut beberapa tips menjaga pengeluaran bagi Anda si hobi makan agar tidak terjadi pemborosan.

1. Rencanakan makanan Anda

Jika Anda merencanakan menu makan selama seminggu atau bahkan sebulan akan jauh lebih menghemat pengeluaran. Selain itu, Anda bisa jadi lebih sehat karena perencanaan menu yang baik, mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan. Anggap saja Anda adalah seorang atlet yang diwajibkan merancang nutrisi untuk energi dan penampilan.

2. Susun daftar menu makanan Anda agar tidak terbuang percuma

Di Amerika, hampir 40 persen makanan yang dibeli oleh masyarakat, terbuang percuma. Data statistik tersebut cukup mengejutkan mengingat masih ada negara yang mengalami kelaparan. Data tersebut bisa ditekan jika setiap orang membuat daftar makanannya agar tidak terbuang percuma.

3. Manfaatkan sisa bahan makanan untuk dimasak

Salah satu kebiasaan yang bisa membuat Anda boros ketika membeli makanan adalah tak memeriksa kembali persediaan di kulkas. Salah satu cara untuk Anda bisa menghemat biaya makan dengan memasak bahan makanan sisa yang masih layak untuk dikonsumsi.

4. Foto isi kulkas Anda

Salah satu cara unik agar tdak boros ketika belanja makanan adalah dengan foto isi kulkas Anda. Bawalah foto tersebut ketika Anda akan berbelanja. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak membeli bahan makanan yang sama sehingga terbuang percuma.

5. Belanja sesuai musim

Membeli dan mengonsumsi makanan sesuai musimnya punya beragam manfaat, seperti variasi hidangan dan membuay tubuh Anda tetap sehat. Selain itu, membeli bahan makanan sesuai musim, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah.

6. Kurangi konsumsi daging

Mengonsumsi daging dengan intensitas yang cukup sering akan menimbulkan banyak penyakit, seperti kolesterol, jantung, stroke, dan obesitas. Selain itu, harga daging cukup mahal sehingga tak hanya kesehatan yang bisa terancam, keuangan Anda pun juga.

7. Jangan sungkan untuk patungan

Jika Anda dan teman-teman berencana pergi makan siang atau malam bersama, jangan sungkan untuk mengajak patungan saat membayar tagihannya. Selain itu, pilihlah makanan yang sekiranya bisa disantap bersama-sama. Dengan demikian, keuangan Anda pun bisa terbebas dari ancaman pemborosan.

Sumber: Lifestyle Liputan6.com

BACA JUGA :