Keindahan laut di pantai Senggigi, Lombok, NTB.(shutterstock/khafidmukriyanto)

KOMPAS.com – Berwisata alam di Lombok merupakan hal yang menarik. Pasalnya, pulau tersebut menawarkan sejumlah tempat wisata alam yang patut dikunjungi. Apabila berencana untuk berkunjung ke Lombok dalam waktu dekat, berikut daftar tujuh tempat wisata di Lombok yang bisa dikunjungi yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/8/2020).

1. Gili Trawangan

Terletak di Kabupaten Lombok Utara, kawasan wisata ini menawarkan berbagai kegiatan menarik, sekaligus pemandangan alamnya yang indah. Salah satu aktivitas wisatawan di sana adalah berenang di tepi laut sambil menikmati airnya yang bersih dan ekosistem lautnya yang terjaga. Usai berenang, pengunjung bisa bersepeda di pinggir pantai atau naik cidomo mengelilingi pulau. Cidomo adalah bahasa setempat untuk “delman”.

2. Gili Air

Jernihnya air laut di Gili Air membuat wisatawan bisa melihat bebatuan dan kerang dari bibir pantai. Jika bergerak sedikit ke tengah laut, kamu bisa melihat berbagai macam ikan dan karang. Untuk melihat bebatuan dan kerang di bibir pantai, pengunjung bisa menyewa sepeda untuk berkeliling. Sambil bersepeda, mungkin kamu akan melihat bulu babi atau teripang yang terdampar. Saat berkunjung ke Gili Air, jangan lupa dirikan hammock dan pesan es buah untuk dinikmati sambil melihat matahari terbenam.

3. Gili Meno

Gili Meno menawarkan suasana tenang yang cocok bagi wisatawan yang ingin terhindar dari bisingnya perkotaan. Sambil bersepeda keliling pulau, kamu bisa berkunjung ke bibir pantai untuk menikmati debur ombak dan hembusan angin laut. Bisa juga mengendarai kuda yang telah disediakan. Salah satu hal unik yang dimiliki Gili Meno adalah patung bawah laut karya seniman Jason deCaires Taylor. Letaknya berada di 13 kaki kedalaman laut. Saat menyelam, jangan lupa untuk berfoto di sana.

4. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Lombok. Sambil berenang, wisatawan akan ditawarkan pemandangan Gunung Agung di Bali. Jika ingin melakukan kegiatan yang sedikit menantang, kamu bisa belajar selancar dengan para pelatih yang ada di sana. Di sana, wisatawan diperbolehkan untuk berpiknik di bawah rimbunnya pepohonan di sekeliling pantai. Pantai Senggigi berlokasi di Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat.

Surfing di pantai Senggigi, Lombok, NTB.(shutterstock/onyengradar)

5. Taman Narmada

Taman yang berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat ini sudah ada sejak tahun 1727 dan digunakan sebagai tempat pemujaan dan peristirahatan raja pada musim kemarau. Jika ingin berkunjung, wisatawan bisa mampir ke Balai Petirtaan. Mata airnya berasal langsung dari Gunung Rinjani dan menjadi tempat pertemuan tiga sumber air yakni Narmada, Lingsar, dan Suranadi. Air tersebut dipercaya membuat awet muda. Namun untuk menuju Balai Petirtaan, pengunjung harus mengenakan selendang warna kuning. Selain berkunjung ke Balai Petirtaan, wisatawan juga bisa hanya menikmati pemandangan alam sekitar sambil duduk-duduk santai.

6. Air Terjun Mangku Sakti

Air terjun ini berlokasi di kaki Gunung Rinjani. Tepatnya di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Untuk melihat air terjun setinggi 40 meter ini, wisatawan harus melewati jalur yang cukup sulit. Hal ini lantaran lokasinya berada di tengah hutan belantara. Namun, pemandangan yang ditawarkan cukup menarik karena hutan tersebut masih asri dan dipenuhi pepohonan yang rimbun. Sesampainya di Air Terjun Mangku Sakti, kamu bisa langsung cuci mata dengan pemandangan airnya yang berwarna hijau toska dan jernih.

Air Terjun Mangku Sakti di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB.(Instagram @gunungrinjani_nationalpark)

7. Sekotong

Kecamatan Sekotong di Kabupaten Lombok Barat. Daerah tersebut dihiasi oleh hamparan pasir putih kekuningan yang indah. Jika dipadu dengan birunya air laut maka wisatawan akan mendapatkan pemandangan indah yang mungkin tidak akan mudah untuk dilupakan. Kecamatan tersebut memiliki beberapa pulau kecil di lautannya yang bisa dikunjungi seperti Gili Asahan, Gili Gede, Gili Poh, Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Kedis, dan Gili Sudak. Baca juga: Sekotong, Surga Bahari di Barat Lombok Masing-masing dari pulau tersebut memiliki keunikannya tersendiri.

Sejumlah wisatawan Nusantara bertolak dari Dermaga Tawun di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menuju ke Gili Nanggu, sebuah pulau di tengah laut yang menawarkan wisata berenang di air laut jernih, menyelam, dan bercengkerama dengan ikan yang hidup di terumbu karang. Sekotong menjadi destinasi favorit kedua setelah Senggigi yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.(KOMPAS/RUNIK SRI ASTUTI)

Jika ingin berenang di spot baru atau melakukan kegiatan konservasi bawah laut, pengunjung bisa main ke Gili Nanggu. Namun apabila kamu tertarik untuk menjelajahi kuliner laut seperti ikan bakar, udang, atau cum-cumi, maka Gili Sudak patut dikunjungi. Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Sumber Berita :
https://travel.kompas.com/read/2020/08/26/201000127/7-tempat-wisata-di-lombok-cocok-untuk-pencinta-alam?page=all#page2

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).