Anda selalu merasa jenuh di kantor dan dalam perjalanan pulang Anda akan mencari destinasi liburan yang murah meriah. Sudah berapa lama Anda merencanakan liburan singkat yang sempurna di benak Anda?

Dilansir dari bustle.com, semua orang butuh sesekali berlibur. Kita harus “mendengar” pesan yang tubuh kita kirim ke otak. Kebutuhan untuk berlibur tidak memandang jenis pekerjaan. Stres dapat dialami oleh siapa saja, kapan saja, dan akan terus meningkat jika tidak ada media untuk melepaskan. Kadang, liburan singkat ke tempat yang tidak terlalu jauh pun, akan membantu menyingkirkan stres dan penat akibat pekerjaan di kantor.

Berlibur juga dapat membantu kita menjalin hubungan yang lebih baik dengan pasangan, keluarga atau teman. Berikut adalah delapan tanda Anda butuh liburan. Saatnya membuka situs liburan yang selama ini sudah Anda intip dan tekan tombol “pesan!”

1. Jam tidur tidak teratur
Anda merasa tak pernah tidur cukup. Manusia membutuhkan tidur tujuh sampai sembilan jam dalam sehari, tapi rasanya hal ini tidak memungkinkan bagi Anda. Rasanya 24 jam dalam sehari tidak cukup untuk melaksanakan semua tanggung jawab dari pekerjaan maupun keluarga. Apakah Anda tidak pernah lepas dari gadget? Bangun tengah malam untuk menyalakan laptop dan bekerja mungkin hal yang biasa untuk Anda.

2. Anda sering membuat kesalahan saat bekerja
Sering tidak fokus dan berbuat kesalahan sepele dalam pekerjaan adalah ciri-ciri Anda sedang stres. Anda membutuhkan waktu untuk rehat sejenak dari pekerjaan, berlibur adalah salah satu caranya.

3. Daftar hal-hal yang Anda ingin lakukan tak sempat Anda lirik
Saat Anda membuat daftar tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, dalam hati Anda akan berusaha untuk mewujudkan mimpi tersebut. Namun tuntutan pekerjaan hanya bisa membuat Anda melupakan daftar tersebut. Melihat foto-foto liburan teman-teman di media sosial membuat Anda iri, dan ini tak sehat. Saatnya meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda senangi.

4. Makan siang singkat terasa seperti liburan
Apabila pekerjaan Anda memilik level stres yang tinggi, setiap momen keluar ruangan kantor rasanya bagaikan sedang liburan. Jika Anda sedang mengalami hal ini, saatnya Anda pergi liburan yang sesungguhnya.

5. Anda begitu lelah sehingga mudah panik
Jika pesan sederhana dari teman kerja di ponsel membuat Anda panik, artinya Anda benar-benar butuh istirahat. Tak pernah bisa berhenti memikirkan pekerjaan akan membuat Anda kelelahan, tak ada salahnya benar-benar membuat jadwal keluar kota untuk liburan.

6. Hubungan personal Anda terbengkalai
Ketika jadwal kita dipenuhi dengan pekerjaan, sekolah atau tanggung jawab lainnya, hubungan Anda dengan orang-orang yang Anda kasihi akan kekurangan perhatian. Apabila Anda tak pernah punya waktu untuk bersama keluarga, saatnya berhenti dan beristirahat. Mengasingkan diri ke tempat baru selama beberapa hari dengan orang terdekat akan membawa efek positif pada hidup Anda.

7. Anda terus merasa pegal atau mudah sakit

Apakah bangun pagi rasanya menyakitkan bagi tubuh? Kepala, punggung, bahkan telinga rasanya sakit. Ini adalah tanda dari tubuh Anda untuk mengatakan bahwa Anda butuh istirahat.

8. Anda tak ingat kapan terakhir kali berlibur
Banyak orang tidak menggunakan hak cutinya dan mungkin Anda salah satunya. Ya, mungkin ada alasan ekonomi mengapa orang tidak membuat rencana liburan. Namun banyak juga yang disebabkan oleh ketiadaan waktu dan kesempatan.

Anda tidak akan bekerja dengan efektif saat kelelahan. Jika Anda mengalami lebih dari tiga tanda-tanda di atas, jangan tunda lagi rencana liburan Anda.

Sumber: Lifestyle Liputan6.com

BACA JUGA :