Puteri Indonesia adalah kontes kecantikan di Indonesia yang diselenggarakan sejak tahun 1992 oleh Yayasan Puteri Indonesia yang diketuai oleh Mooryati Soedibyo dan disponsori oleh perusahaan kosmetik Mustika Ratu. Akan diadakan seleksi Putri Indonesia tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Roadshow 3 Kota (Mataram, Sumbawa, Bima).

Puteri Indonesia NTB akan menjadi wakil NTB atau duta NTB pada kegiatan-kegiatan yang bertaraf nasional & Internasional dan ikut serta dalam memajukan pariwisata dan budaya Nusa Tenggara Barat.

Akan dipilih 20 finalis dengan berbagai bakat dan profesi sebagai mahasiswi, dokter, model, presenter, karyawati, pengusaha, dan lain sebagainya, untuk mengikuti karantina di Kota Mataram dan mengikuti malam Grand Final dan 1 (satu) orang pemenang nantinya akan dikirim ke tingkat nasional mewakili Nusa Tenggara Barat.

Pemilihan Puteri Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan bangga mengangkat kekayaan alam dan budaya Sasambo (Sasak Samawa dan Mbojo) Nusa Tenggara Barat yang sangat eksotis akan keindahan dan kekayaan alam dan budayanya.

Parameter penilaian yang digunakan dalam pemilihan Puteri Indonesia adalah 3B, yaitu:

Brain: Kecerdasan
Beauty: Penampilan menarik
Behavior: Berperilaku baik.

Selain itu, terampil dalam berkomunikasi, dapat berpikir secara rasional, memiliki pengetahuan umum yang luas dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta berwawasan pariwisata. Berwawasan pariwisata tentunya sesuai dengan komitmen Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mempromosikan kembali Nusa Tenggara Barat setelah dilanda bencana gempa bumi untuk bangkit kembali sebagai salah satu pesona wisata Indonesia bagi wisatawan mancanegara maupun lokal.

Unduh Form Pendaftaran Disni


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).