Agama menganjurkan orang-orang yang berpuasa berbagi makanan atau minuman kepada sesama. Syekh Said Muhammad Ba’asyin dalam Busyrol Karim mengatakan orang yang berpuasa disunahkan berbagi sesuatu dengan orang lain untuk buka puasanya meskipun hanya sebutir kurma atau seteguk air.

Bulan suci Ramadan merupakan kesempatan terindah untuk kita saling berbagi dengan sesama. Salah satu momen yang paling meriah adalah kegiatan Berbagi Takjil. Momen Ramadhan 1438 Hijriah tidak disia-siakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. Salah satu bentuk kepedulian dan kebersamaan, pegawai Dinas Pariwisata Provinsi NTB dari Bidang Pemasaran yang bekerja sama dengan donatur dari Stakeholder Pariwisata membagi takjil gratis kepada masyarakat dan yatim piatu yang di datangkan dari Panti Asuhan Nahdlatul Wathan yang diadakan selama bulan puasa berlangsung di Islamic Center Mataram.

Pembagian takjil ini dikoordinir oleh pengurus Islamic Center beserta Pegawai Dinas Pariwisata Provinsi NTB, serta diawasi langsung oleh pihak donatur, berlangsung selama diadakannya Festival Khazanah Ramadhan 2017. Pembagian takjil ini dimulai dari pukul 16.00 sampai dengan selesai. Pihak donatur menyediakan lebih dari 500 paket untuk berbuka puasa. Setiap harinya, pihak Dinas Pariwisata bekerja sama dengan donatur-donatur seperti beberapa hotel yang ada di Lombok, pihak pemerintah, serta pihak Bank untuk mendonasikan takjil sesuai dengan jadwal yang telah disusun.

Tujuan kegiatan pembagian takjil ini adalah untuk mengajak para pegawai Dinas Pariwisata, Donatur serta masyarakat yang ikut serta untuk dapat memaknai bulan suci Ramadan ini dengan lebih peduli dan berempati terhadap sesama. Terlebih bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan, berbagi sedekah dan menjalin silaturahmi yang baik kepada masyarakat harus diperbanyak. Dengan adanya pengadaan pembagian takjil kepada masyarakat di Islamic Center, diharap dapat menambah nilai-nilai positif yang dilakukan di bulan suci ini.

BACA JUGA :