BULAN PESONA LOMBOK SUMBAWA 2017

18 AGUSTUS – 16 SEPTEMBER 2017

Bulan Pesona Lombok Sumbawa adalah salah satu bentuk kegiatan dalam usaha memajukan pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Dalam pelaksanaannya pemerintah daerah bekerjasama dengan para seniman dan budayawan serta pihak terkait lainnya sebagai ajang promosi pariwisata daerah, pameran dan pagelaran seni, parade kesenian dan pertunjukan daerah, serta sarasehan adat yang diadakan sebulan penuh dari bulan Agustus sampapi dengan bulan September.

1. LOMBOK SUMBAWA CARNIVAL OPENING CEREMONY BULAN PESONA LOMBOK SUMBAWA 18 AGUSTUS

  • OPENING CEREMONY
  • CARNAVAL

2. LOMBOK SUMBAWA NIGHT FESTIVAL 19-21 AGUSTUS

  • Opening Ceremony
  • Gelar Kuliner
  • Expo Produk Unggulan & Ekonomi Kreatif
  • Pentas Seni Budaya (Mbojo, Samawa, Sasak)
  • Pameran Potensi Wisata Daerah

3. FESTIVAL PESONA MANDALIKA 25-27 AGUSTUS

  • Mandalika Color Run
  • Pesona Mandalika Rally Wisata
  • Bloger Camp Genpi Lombok Sumbawa

Kawasan Kuta Mandalika termasuk wilayah inti dalam pengembangan Mandlika Resort yang nantinya di harapkan menjadi pusat pariwisata terpadu di Lombok Tengah lengkap dengan sarana prasarana serta fasilitas layaknya objek wisata kelas dunia.

Berbagai event turut memeriahkan festival ini seperti; Mandalika Colour Run, Rally Wisata dan Blogger Camp dari genpi Lombok Sumbawa.

4. FESTIVAL KOTA TUA AMPENAN 25-27 AGUSTUS

Tujuan dari diadakannya Festival Budaya di kota Tua Ampenan ini adalah sebagai upaya untuk mempromosikan kawasan wisata Kota Tua Ampenan dan Pantai Ampenan dan juga sebagai sarana melestarikan kesenian dan kebudayaan Lombok yang mulai pudar. Alasan di balik menjadikan Kota Tua sebagai tempat diselenggarakannya festival ini, adalah karena Kota Tua Ampenan merupakan salah satu icon wisata sejarah dan budaya di Lombok. Berbagai atraksi seni budaya, musik, pameran industri kreatif, festival kopi, atraksi menarik, aneka macam kuliner, dan baazar disuguhkan untuk menjadikan Festival Kota Tua Ampenan ini meriah dan unik.

Rangkaian Kegiatan

  • Festival Kopi
  • Food Street Festival
  • Pameran Foto Kota Tua Tempo Doeloe
  • Parade Lintas Ethnic
  • Senandung Pantai Ampenan

5. IDUL ADHA RELIGIOUS NIGHT FESTIVAL 31 AGUSTUS

Menyemarakkan Idul Adha, Dinas Pariwista NTB akan menggelar Idul Adha Religious Night Festival. Acara yang dimeriahkan oleh beberapa kelompok Desa ini menampilkan berbagai macam kegiatan seperti Gema Takbir, Tabuh Bedug dan Pawai Keliling yang digelar di sepanjang jalan kota Mataram.

6. GFNY INDONESIA 2017 – BE A PRO FOR  DAY 3 SEPTEMBER

GFNY Indonesia adalah rangkaian event Balap Sepeda Seri Dunia (World Series) dimana event serupa juga digelar di 11 negara di Eropa, Amerika dan pertama kali di Asia yaitu Indonesia.

7. TUNAQ INTER FISHING CONTEST 19-20 AGUSTUS

Pulau Lombok tak diragukan lagi menyimpan banyak spot mancing yang sangat potensial memberikan kepuasan strike bagi para pemancing yang melakukan trip disana. Untuk itu Tunaq Inter Fishing Contest diharapkan mampu mengenalkan pesona wisata Bukit Tunaq kepada dunia melalui kegiatan konter memancing ini, adapun rangkaian lomba yang dapat kita ikuti dalam acara ini diantaranya : lomba memancing & lomba olah makanan laut.

8. KALIANTAN KITE FESTIVAL 20 AGUSTUS

Langit biru Lombok di pinggir pantai yang indah, akan dihiasi warna warni dan aneka bentuk layang-layang dalam acara Kite Festival 2017. Festival layang-layang akan menampilkan beberapa layang-layang modern dan layang-layang tradisional terbaik dari Indonesia dan mancanegara. Jenis layang-layang yang akan mengikuti festival pun beraneka ragam mulai dari tipe 2 dimensi, 3 dimensi, trainaga, rokaku, dan lain sebagainya.

9. FESTIVAL MOYO 10-16 SEPTEMER

Festival Moyo ini mengangkat nama Pulau Moyo, sebuah pulau kecil yang cantik di Sumbawa yang namanya sudah dikenal dunia. Branding Moyo dipakai karena pulau tersebut memang menjadi salah satu destinasi kebanggaan disana. Dengan mengangkat nama Moyo, diharapkan semakin banyak wisatawan yang tertarik dengan festival yang diisi dengan beragam pertunjukan seni dan budaya Sumbawa tersebut.

10. IHTF  INTERNATIONAL HALAL TRAVEL FAIR 2017  14-17 SEPTEMBER

  • INTERNATIONAL HALAL TOURISM CONFERENCE
  • INTERNATIONAL CULTURE FESTIVAL
  • LOMBOK SUMBAWA EXPO

IHTF menjadi ajang promosi pariwisata halal yang pada saat ini menjadi icon pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada tahun 2015 Provinsi NTB diganjar penghargaan sebagai The World’s Best Halal Tourism Destination dan The World’s Best Halal Honeymoon Destination dari UAE Abu Dhabi.  Nantinya para peserta IHTF juga akan diajak mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Pulau Lombok.

Melalui kegiatan ini di harapkan potensi pariwisata NTB semakin di kenal luas. Yang pada akhirnya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke NTB.

11. SEMBALUN HOLTICULTURE FESTIVAL 16 SEPTEMBER

Bukan hanya mendaki dn berkemah saja, di Sembalun juga kita bisa melakukan agrowisata, salah satunya adalah dengan wisata petik stroberi tepat di kaki Gunung Rinjani.

Melalui Festival Sembalun Holticulture ini kita akan di ajak mengikuti acara-acara sebagai berikut : Pemilihan Putri Bunga, Pameran Hasil Bumi, Music Holtikultura.

12. FESTIVAL GILI TRAMENA BEGAWE 12 SEPTEMBER

Festival Gili Tramena Begawe yang diadakan di tiga gili memberikan atraksi menarik yang dapat diikuti oleh semua pengunjung gili seperti:

  1. Kegiatan seni dan atraksi khas Lombok:
  2. Jurakan
  3. Selodor
  4. Tarik Tambang
  5. Lari Karung
  6. Presean
  7. Lari kelereng
  8. Bola Bejorak
  9. Coaching clinic tarian khas Sasak Lombok
  10. Festival kulliner
  11. Malam atraksi budaya Lombok Utara

13. FASHION ON THE STREET 16 SEPTEMBER

14. FESTIVAL SENGGIGI 16 SEPTEMBER

Festival Senggigi merupakan salah satu bentuk kegiatan memajukan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat yang pelaksanaannya merupakan perpaduan kerjasama pemerintah daerah dengan melibatkan berbagai pihak terkait seperti perhotelan, para seniman, budayawan, dan para pelaku wisata lainnya dalam rangka mempromosikan pariwisata daerah dengan menampilkan pagelaran seni daerah dan modern, pameran, atraksi dan budaya, dan permainan rakyat kepada wisatawan mancanegara maupun nusantara selama sepekan di wilayah Pantai Senggigi.

15. LOMBOK SUMBAWA PHOTO CONTEST 18 AGUSTUS-16 SEPTEMBER

16. FESTIVAL FILM PENDEK 18 AGUSTUS-16 SEPTEMBER

 

 

BACA JUGA :