Mataram, 07/12/2017 – Tuntutan profesionalisme pegawai yang digulirkan oleh pemerintah dalam mengedepankan konsep Go Digital Be The Best, dimana mengharuskan setiap pegawai untuk mampu melakukan evaluasi dan peningkatan kinerja.

Evaluasi dan peningkatkan kinerja tersebut memberikan dorongan bagi upaya pengembangan keprofesian bagi para pegawai. Salah satu bentuk pengembangan keprofesian pegawai dengan diadakannya diklat online ini.

Gambar : Suasana Diklat Online untuk pelaku ASN

Pembelajaran dengan menggunakan media komputer dan internet merupakan salah satu alternative yang sangat potensial, dimana kebutuhan pendidikan yang telah mengglobal menuntut adanya percepatan dan perluasan akses yang tak terbatas.

Diklat online dapat menjadi solusi terhadap permasalahan keterbatasan waktu, biaya, dan tempat karena pesertanya dapat mengakses materi serta program diklat dimanapun, kapanpun, dan dengan media apapun asal memiliki syarat minimal yang dibutuhkan.

Tujuan E-learning :

  • Meningkatkan daya serap peserta didik atas materi yang diajarkan
  • Meningkatkan partisipasi aktif peserta pelatihan
  • Meningkatkan kemampuan belajar mandiri
  • Meningkatkan kualitas materi pembelajaran

Gambar: Manfaat E-learning

  1. Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan pegawai atau instruktur (enhance interactivity). Apabila dirancang secara cermat, pembelajaran elektronik dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran, baik antara peserta didik dengan pegawai/instruktur, antara sesama peserta didik, maupun antara peserta didik dengan bahan belajar (enhance interactivity).
  2. Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility). Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh peserta didik melalui internet, maka peserta didik dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja
  3. Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience). Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah peserta didik yang dapat dijangkau melalui kegiatan pembelajaran elektronik semakin lebih banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan.
  4. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities). Fasilitas yang tersedia dalam teknologi internet dan berbagai perangkat lunak yang terus berkembang turut membantu mempermudah pengembangan bahan belajar elektronik.

Dengan mengikuti diklat ini harapannya adalah dapat meningkatkan pengetahuan dibidang pengembangan IT bagi dunia Pekerjaan. nantinya para peserta dapat secara cerdas mengelola pekerjaan, pegawai memiliki arah serta tujuan yang ingin dicapai dari proses pekerjaan yang dijalani.

Dan Melalui penyelenggaraan diklat ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan yang dapat dipahami oleh pegawai sebagai obyek dan subyek pembelajaran, sehingga dapat mendorong pemahaman mereka untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

Untuk Panduan Pengguna Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Bidang Pariwisata(Diklat Online) dapat di unduh dibawah ini :


Click here to view or download file. . .