Satu minggu menjelang bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur bekerjasama dengan para pengelola wisata Pantai Pondok Kerakat sukses senggalarakan Festival Bersin Puasa.

Acara yang dipusatkan di Desa Pohgading, Lombok Timur ini akan dilaksanakan selama seminggu kedepan, yakni mulai tanggal 25-31 Maret 2022.

Gubernur Provinsi NTB, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata NTB membuka langsung festival ini dan menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasihnya karena event ini dapat sukses terlaksana dan berharap kedepannya kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

“Semoga event ini terus berkembang dan menjadi daya tarik pariwisata di Lombok Timur, serta gemanya dapat terdengar di NTB bahkan di Nusantara,” harap H.Yusron Hadi.

Perlu #Sobatwisata tahu nih! “Bersin Puasa” merupakan budaya silahturahmi dalam masyarakat Sasak menjelang bulan suci Ramadhan untuk mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan.

Festival ini memenampilkan beberapa rangkaian acara, mulai dari seremonial Bersin Puasa, Arong-Arong Jaran, Bazar UMKM, dan hiburan rakyat yang di isi oleh penyanyi lokal Lombok.

Salah satu rangkaian acara yang menjadi daya tarik dalam Festival ini adalah Arong-Arong Jaran atau balapan kuda yang diselenggarakan di tepi Pantai Kerakat. Arong-Arong Jaran ini diikuti oleh 34 peserta yang berasal dari berbagai daerah di NTB di antaranya Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).