Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Terkadang bagi umat Muslim dalam memaknai Ramadhan dengan cara yang kurang tepat. Adapula sebagian Umat juga ingin meningkatkan Ibadahnya untuk lebih baik lagi selama bulan suci Ramadhan.
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat didukung oleh Republika menginisiasi berbagai program kegiatan selama bulan Ramadhan di Lombok bernama Khazanah Ramadhan Lombok 2017 dengan tema “Perkuat Iman & Ukhuwah Umat”.

NTB merupakan salah satu tujuan wisata halal di Indonesia. Selama bulan Ramadhan, Pemprov NTB akan menghadirkan para Imam Besar dari 4 negara Timur Tengah dalam kegiatan Khazanah Ramadhan, dan diharapkan Umat yang berasal dari seluruh Indonesia maupun mancanegara, khususnya Asia akan hadir di NTB untuk menjalankan Ibadah yang lebih baik lagi dan khusyuk selama bulan suci Ramadhan. Sehingga kegiatan ini bisa menjadi alternatif serta daya tarik bagi para Umat untuk memaknai Ramadhan dengan penuh arti selama bulan Ramadhan sekaligus mempererat tali silaturahim antar Umat
dengan diramaikannya aneka kegiatan pendukung seperti pameran/bazar, aneka lomba, talkshow, kegiatan sosial dan lain
sebagainya

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, launching Festival Khazanah Ramadhan akan dilakukan di Jakarta dalam ajang Rembuk Republik yang diselenggarakan Harian Umum Republika pada hari Kamis Tanggal 4 Mei 2017.

“Pusat lokasi kegiatan Festival Khazanah Ramadhan itu di Islamic Center NTB sebulan penuh,” kata Faozal di kantor Dinas Pariwisata NTB Provinsi NTB. Beragam acara menarik juga sudah disiapkan selama bulan suci ramadhan di Pulau Seribu Masjid ini. Faozal menyebutkan, rencananya akan menghadirkan empat imam besar dari Arab Saudi, Maroko, Yordania, dan Mesir untuk memberikan tausiyah kepada warga NTB.

Ada sekitar 28 kegiatan yang dirancang untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan, mulai dar pameran, bazar, kuliner halal, pameran buku, lomba fotografi, bedah buku, kerajinan tangan, table top Islami, pameran seni budaya islam, dan juga reuni qari dan qariah terbaik saat ajang Musabaqah Tilawatil Quran 2016. Menariknya, Pemprov NTB juga menyiapkan pelepasan seribu lampion pada malam takbiran. “Seribu lampion sebagai penanda bahwa Lombok dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid,”

Gubernur NTB berharap, semua pihak dapat berpartisipasi dan saling memperkuat dalam menyukseskan seluruh program dan agenda pembangunan NTB, khususnya mengisi dan memanfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk memperkuat nilai-nilai religi yang ada di tengah masyarakat NTB.