festival-tambora-ntb-siap-sapa-dunia-W61CrA1kkjNUSA Tenggara Barat (NTB) menggelar event pariwisata “Tambora Menyapa Dunia”. Jelang event tersebut Pemerintah NTB mengaku masih problem.

“Kapasitas untuk menyiapkan transportasi dan akomodasi memang menjadi problem. Untuk jalur udara, kita hanya dilayani oleh dua maskapai, Wings dua kali dari Denpasar dan Garuda dua kali dari Lombok, kapasitasnya tidak kurang dari 120 seat dalam satu hari,” jelas Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, Lalu Faozal di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu 11 Maret 2015.

Meski begitu, Kadispar NTB menjelaskan ada alternatif, di mana NTB mempunyai penyeberangan 24 jam dari Lombok ke Sumbawa yang ditempuh selama 90 menit.

Selain itu, Kadispar NTB mengatakan bila Pemerintah Provinsi (Pemprov) mempunyai bus AKP yang representatif menuju ke Kabupaten Dompu, lokasi dari Gunung Tambora.

“Kita sudah menyakinkan kemarin sekiranya ada 500 AKP yang siap melayani dan titik-titik shelter juga sedang dibangun. Sementara, dari Dompu kita bisa memilih, titik pendakian Doro Ncanga dan kemudian satu lagi titik pendakian di Desa Pancasila yang dekat dengan Teluk Satonda,” bebernya.

Sementara dari akomodasi, Kadispar NTB mengakui bila tidak akan bisa menyiapkan akomodasi standar sesuai kebutuhan, seperti hotel berbintang.

Namun, menurutnya Pemprov NTB menyiapkan camping ground selama tiga hari dan 1.000 sampai 1.500 rumah penduduk yang dikondisikan sebagai homestay.

“Sementara, kalau jalan raya sudah melalui proses cukup panjang untuk disempurnakan, sehingga dari sisi infrastruktur tidak masalah,” tutupnya.(Okezone.com, 12 Maret 2015).

Panduan lengkap pelaksanaan event Tambora Menyapa Dunia 2015, dapat di download DISINI

BACA JUGA :