Praya, 28 Januari 2020 – Tujuan wisatawan datang ke suatu daerah yaitu untuk berekreasi wisata baik wisata alam, buatan, seni dan budaya dengan bertujuan untuk berbisnis dan mengikuti kegiatan event yang tererdiri dari dua ketegori yaitu Mice (Meeting, Incentive, Convention, Exebithion) dan Special Event (Carnaval, festival, Sport Event, Entertainment, Hallmark Event). Oleh karenanya pemerintah terus berupaya mengoptimalisasikan segala bentuk dukungan di bidang pariwisata guna meningkatkan kualitas dan jangkauan pasar yang berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sambutan Oleh Kadispar NTB

Kegiatan Optimalisasi pelaksanaan program promomsi dan event lombok sumbawa yang dihadiri oleh seluruh kabupaten/kota se provinsi NTB bersama Poltekpar Negeri Lombok, bertujuan untuk mengetahui bagaimana mendesain sebuah event dan manajemen event yang professional sehingga memiliki nilai ekonomi dan sosial serta budaya agar event yang dilakukan tidak dinikmati oleh pemerintah sendiri melainkan bisa menghadirkan pemerintah provinsi/kabupaten kota se-Indonesia.

Kegiatan ini penting dilakukan karena selama ini Pemerintah Provinsi telah mencoba untuk bekerja bersama pemkab/kota memastikan semua event dan aktivitas yang ada di event berjalan dengan baik namun masih belum optimal terutama dari sisi promosi event. Konsistensi dan keberlanjutan terhadap waktu pelaksanaan suatu event itu penting untuk mempermudah publikasi event dan mempermudah dalam menentukan pasar.

Pemaparan Materi mengenai Event oleh Wakil Direktur Poltekpar

Wakil Direktur Poltekpar Negeri Lombok berhap kepada seluruh pemkab/kota mengirim utusan untuk bersekolah di poltekpar Negeri Lombok sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas SDM pariwisata di Provinsi NTB. pihak kampus juga telah melakukan berbagai penelitian terkait pariwisata Halal ini dan telah menghasilkan 2 buah produk berupa buku “Rencana strategi pengembangan wisata halal 2019-2024” dan “Panduan penyelenggaraan pariwisata halal”.

Penyerahan 2 buah produk buku pariwisata halal oleh Wakil Direktur Poltekpar Kepada Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB

Poltekpar Negeri Lombok sudah siap untuk mendukung pengembangan pariwisata di NTB dari segala sisi, terutama dari sisi halal tourismnya, Poltekpar Negeri Lombok konsisten dalam membangun pengembangan pariwisata halal salah satunya dengan adanya sistem adzan otomatis yang akan berbunyi didalam kelas sebagai penanda waktu sholat berjamaan untuk dosen dan para mahasiswa/mahasiswi selain itu pihak kampus juga mewajibkan seluruh kelas/prodi untuk belajar masalah pariwisata halal sebagai dasar pedoman dalam melakukan kegiatan pariwisata.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan target penjualan dalam sebuah even diantaranya

  1. Khalayak Sasaran – meningkatkan kepercayaan pengunjung dari nilai event yang diselenggarakan
  2. Jangkauan Pasar – jangkauan target sasaran yang lebih luas melalui event lokal, regional, nasional dan internasional
  3. Mengasosiasikan sebuah brand – mampu mempengaruhi kelompok pengunjung
  4. Meningkatkan kesadaran terhadap produk
  5. Publikasi

Pemaparan Materi mengenai Promosi oleh TIm Google Gapura

Digital marketing juga sangat berpengaruh dalam penjualan sebuah event terutama even berskala besar, dengan adanya digital marketing usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah daerah wisata/event dapat dilakukan dengan mudah dan juga untuk mengehemat biayamelalui website dan sosial media baik dalam bentuk gambar, teks maupun video/tvc suatu event.

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).