Dalam kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO, Lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata, Video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World mendapat juara dunia dengan memenangkan Dua kategori.

award itu diterima langsung oleh Menpar Arief Yahya. Beliau begitu terharu dipanggil untuk kali kedua ke atas mimbar yang diumumkan saat 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, Hanya satu kata, “Membanggakan!” ucap Arief Yahya singat, sambil memegang bendera Merah Putih.

Gambar : Menteri Pariwisata RI, Dr. Ir Arief Yahya, M.Sc. saat menerima awards

Banyak delegasi dari negara-negara anggota UNWTO yang memberi ucapan selamat. Tetapi bukan itu yang membuatnya terharu. Pertama, Indonesia juara dalam kategori 2 kategori langsung. Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People’s Choice Award 2017.

Kedua, ini kali pertama dalam sejarah Kompetisi video pariwisata UNWTO. Hanya Indonesia, satu-satunya negara yang mencatat sejarah, mendapatkan juara kedua-duanya. Karena itu, ini momentum kemenangan dari 63 negara peserta dan sangat membanggakan. “Ini surprise buat kita! Kami tidak menyangka di kategori ini juara,” ungkap Arief Yahya.

Ketiga, untuk kategori People’s Choice, yang didapat dari e-voting dari seluruh masyarakat dunia, Indonesia juara! “Terima kasih pada Pak Presiden Jokowi, yang turut mengajak vote melalui akun Facebook-nya. Terima kasih juga masyarakat di seluruh dunia yang sudah memilih video Indonesia sehingga juara!” ucap Menpar Arief Yahya.

Memang harus diakui, video Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World sangat bagus. Destinasi yang diekspose Pulau Lombok, Raja Ampat, Sumatra Utara, Jakarta, Wakatobi, Makasar, dan Banyuwangi. Saking bagusnya, video itu meskipun diputar dua kali, saat menerima dua kali awards, masih saja dipuji audience. Bahkan paling riuh tepuk tangannya. Itu juga indikator, bahwa videonya memang berkualitas.

Menpar RI menyebut kemenangan ini adalah suatu branding yang kuat. Dia menyebut, kemenangan itu dapat dimaknai dengan 3C. “Secara internal menaikkan Confidence Level. Secara ekaternal memperkuat Credibility. Dan sudah lolos dari Calibration melalui global standart atau kriteria yang berkelas dunia,” ungkap Arief.

Berikut Cuplikan Video Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World