Sport Tourism atau wisata olahraga bukan hal baru dalam dunia pariwisata global. Di Indonesia sendiri konsep wisata ini sudah ada sejak zaman Sukarno saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 1962. Kini sport tourism di Indonesia berkembang di tiap daerah, mulai dari Tour de Singkarak, Tour de Ijen, hingga yang baru akan digelar, yaitu Toraja Marathon

Menurut para ahli, istilah sport tourism terbagi menjadi dua kategori, yaitu sports participation travel, yaitu kunjungan wisatawan yang ingin ikut berpartisipasi dalam ajang olahraga yang digelar suatu negara, dan sports spectatorial travel, yaitu kunjungan untuk menyaksikan ajang olahraga.Berikut 6 sport tourism paling ekstrem yang pernah ada di dunia, seperti dikutip dari roughguides, Kamis (17/3/2016).

Wingsuit Base-Jumping, Tiongkok

Terjun bebas dari atas tebing yang tinggi tentu menjadi pengalaman spektakuler yang memacu adrenalin. Tidak semua orang bisa melakukan aktivitas wisata olahraga yang satu ini. The British Parachute Association bahkan mengedukasi 200 penerjun dalam 18 bulan untuk bisa melakukan olahraga ekstrem ini.

Freediving, Indonesia

Indonesia yang terkenal dengan keindahan alam baharinya merupakan surga bagi para penyelam dari berbagai negara. Perairan di Lombok dan Bali misalnya, menjadi tempat yang sempurna bagi para penyelam untuk melakukan aktivitas freediving. Freediving di Indonesia sendiri sudah dikenal jauh sebelum wisman melakukan aktivitas ini, melalui teknik tombak yang dilakukan nelayan dalam memburu ikan. Para nelayan terjun bebas di kedalaman 200 meter dengan sekali hela napas.

Skydiving, Selandia Baru

Jika di Indonesia terkenal dengan olahraga menceburkan diri di kedalaman laut, berbeda dengan Selandia Baru. Di negara kiwi ini, olahraga ekstrem yang paling digemari adalah skydiving. Terjun di atas ketinggian 16 ribu kaki di lembah paling indah di Selandia Baru tentu menjadi pengalaman yang luar biasa.

Arung Jeram, Nepal

Tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan sport tourism yang satu ini. Arung Jeram merupakan sport tourism yang paling banyak digemari wisatawan saat berkunjung ke negeri tropis yang memiliki banyak sungai berbatu. Salah satu sungai ekstrem yang menjadi spot olahraga ini ada di Nepal. Sungai-sungai es yang ganas terbentuk karena musim panas yang berkepanjangan. Tidak semua orang bisa melakukan aktivitas wisata olahraga ini.

Shark-Cage Diving, Australia

Beranikah Anda bertatap muka secara langsung dengan ikan besar lengkap dengan giginya yang tajam? Kepulauan Neptunus yang ada di Australia menawarkan sport tourism ekstrem ini. Anda bisa menyelam selama 45 menit dengan sangkar besi yang melindungi Anda. Meski terjamin aman, namun tidak semua orang berani melakukannya.

Berlari di Antara Banteng Ngamuk, Spanyol

Jika Anda bosan dengan wisata olahraga yang itu-itu saja, nampaknya Anda perlu mencoba ikut dalam rombongan orang yang lari menghindar dari banteng ganas. Sport Tourism yang dikenal dengan nama Fiesta de San Fermin ini merupaka tradisi yang kerap digelar tiap tahun oleh masyarakat Spanyol. Dengan trek sepanjang 800 meter, para peserta harus berlari menghindar dari banteng. Ini merupakan wisata olahraga paling ekstrem di dunia, mengingat sepanjang gelaran ini ada sudah 15 orang tewas tertabrak banteng.

Sumber: Lifestyle Liputan6.com

BACA JUGA :