PEMERINTAH secara resmi menambah negara penerima kebijakan Bebas Visa Kunjungan (BVK) pekan ini. Negara mana saja kah itu?. Menteri Koordinator Bidang Maritim, Rizal Ramli mengatakan pemberian kebijakan BVK berlaku efektif mulai pekan ini.

“Ada 84 negara baru yang hari ini kita putuskan untuk diberikan bebas visa, mulai efektif Minggu ini,” ujar Rizal Ramli di Gedung BPPT, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2015).

Beberapa negara yang diberi kebijakan BVK antara lain adalah Australia, Brasil, Ukraina, Kenya, Uzbekistan, Bangladesh, Kamerun, Palestina, Honduras, Pakistan, Mongolia, Amerika Serikat, Tiongkok, Jamaika, Paraguay, Bolivia, Kosta Rika, Georgia, Guatemala, Albania dan Mozambik.

Selain itu, ada beberapa negara lain di antaranya Macedonia, Armenia, Bhutan, Mauritania, El Savador, Zambia, Moldova, Madagaskar, Sierra Leone, Uruguay, Bosnia Herzegovina dan Israel.

Rizal mengatakan pemberian bebas visa ini merupakan lanjutan dari hasil positif yang didapatkan dari pemberian bebas visa pada 47 negara sebelumnya.

“Pertumbuhan turis mencapai 19 persen. Pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dari yang biasanya hanya enam hingga delapan persen. Maka dengan penambahan negara bebas visa ini, diharapkan akan meningkatkan lagi jumlah kunjungan turis ke Indonesia pada tahun depan,” tutupnya. (jjs)

Sumber: Okezone Lifestyle

BACA JUGA :