puncak festival pesona tambora 2016_bingkai2Festival Pesona Tambora 2016 yang persiapannya dilakukan dari jauh-jauh hari, pada hari ini diselenggarakan puncaknya di Padang Savana Desa Doro Ncanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat (16/04/2016).

Tema besar yang diangkat pada penyelenggaraan Festival Pesona Tambora 2016 ini adalah Mengangkat Potensi Pulau Sumbawa (Kawasan SAMOTA) sebagai Kawasan Ekonomi berbasis MARITIM. Sebagaimana diketahui bahwa SAMOTA merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Daerah (KSPD) Provinsi NTB yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2013, dan juga merupakan Kawasan Strategis Provinsi NTB yang telah ditetapkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi NTB.

Acara puncak Festival Tambora 2016 semula akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo atau Wakil Presiden RI Jusuf Kala. Rencana kehadiran RI-1 atau RI-2 ini telah dikoordinasikan dari jauh hari, tapi karena Presiden RI terjadwal untuk kunjungan kenegaraan ke beberapa Negara Eropa dan Wakil Presiden melakukan kunjungan kenegaraan ke Turki, maka beliau tidak dapat menghadiri puncak acara ini, dan diwakili oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya dan Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Ketidakhadiran RI-1 atau RI-2 pada puncak acara Festival Pesona Tambora 2016 di Doro Ncanga Kabupaten Dompu tidak mengurangi hidmat dan kemeriahan acara ini. Masyarakat Nusa Tenggara Barat umumnya, dan khususnya masyarakat Pulau Sumbawa sangat antusias mengahdiri acara ini.

Selain dimeriahkan oleh Tari Kolosal yang diperankan oleh Sanggar-Sanggar Seni yang ada di Dompu, juga dimeriahkan oleh atraksi Terjun Payung oleh para penerjun Angkatan Laut. Penerjun-penerjun ini membawa bendera dan logo kabupaten/kota.

Festival Pesona Tambora 2016 merupakan festival pertama yang diselenggarakan setelah Peringatan 200 Tahun meletusnya Gunung Tambora tanggal 11 April 2015, yang pada saat itu diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo untuk menyelenggarakan Festival Tambora setiap tahun dengan biaya dari Kementerian Pariwisata.

Puncak acara Festival Pesona Tambora 2016 ini dihadiri undangan dari pusat (kementerian) dan tamu undangan dari Provinsi serta kabupaten/kota se Nusa Tenggara Barat, yang dipadati masyarakat yang sangat antusias menghadiri acara ini.

SUKSES “FESTIVAL PESONA TAMBORA 2016”, KITA TUNGGU FESTIVAL TAMBORA 2017.

BACA JUGA :