Mataram, 07/12/2017 – Tim Dinas Pariwisata Provinsi NTB telah melakukan pemantauan dan wawancara dengan Manajemen beberapa hotel, untuk mengetahui dampak erupsi Gunung Agung Bali terhadap Tingkat Hunian Kamar Hotel di Lombok. Berikut ini beberapa lokasi pemantauan yaitu :

1. Hotel Lombok Raya
2. Hotel Golden Palace
3. Hotel Aston Inn
4. Hotel Lombok Plaza
5. Hotel Lombok Astoria
6. Hotel Idoop

Dari hasil pemantauan diperoleh beberapa data sebagai berikut :

  1. Adanya pergerakan tingkat hunian dibeberapa hotel yang terdapat di Kota Mataram , Kawasan Reseort Senggigi dan Gili Trawangan posisi sampai  tanggal 7 Desember 2017. Untuk City Hotel pergerakan terjadi pada angka 40 % sd. 80 %, atau klau dirata-ratakan pergererakan terjadi pada angka 60 % (data terlampir).
  2. Disamping itu juga Managemen Hotel memberikan discount harga yang berkisar antara 20 % sd. 40 %.
  3. Manajemen Hotel yang ada di Resort dan City Hotel mengharapkan dukungan pemerintah untuk menghimbau wartawan dan media mainstream (Koran, TV Lokal maupn Radio) agar memberikan/memuat berita yang positif tentang Lombok, sehingga memberikan citra bahwa Lombok aman, nyaman dan tidak terpengaruh dengan kejadian eruspsi Gunung Agung Bali.
  4. Harapan besar dari masing-masing Managemen Hotel baik di Rersort dan City Hotel agar Pemerintah membuat kebijakan yang dapat mempercepat pemulihan kondisi dan mengembalikan kepercayaan (trust) Pasar.
  5. Pada umunya semua hotel membuat paket untuk menyambut Natal dan Tahun Baru. Kegiatan Natal dan Tahun Baru dari beberapa hotel yang bervariasi.

Gambar : Daftar Sampling Hotel tanggal 9 Desember 2017

Demikian laporan hasil pemantauan dampak erupsi gunung Agung Bali terhadap tingkat hunian kamar di Lombok ini kami buat, untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

 

Berikut ini data pendukungan dari setiap lokasi pemantauan yang menyediakan Paket Natal dan Tahun Baru :

 

 

BACA JUGA :