launching festival pesona tambora2Festival Pesona Tambora 2016 resmi di launching oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH.M.Zainul Majdi di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Senin,11 Januari 2016).

Launching dihadiri para stakeholders pariwisata, baik nasional maupun daerah. Dari daerah hadir Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat H.Umar Said dan beberapa anggota Komisi II DPRD NTB, para Kepala SKPD terkait serta para Pelaku Pariwisata Nusa Tenggara Barat.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan bahwa posisi pariwisata Nusa Tenggara Barat saat ini semakin mendunia seiring dengan terpilihnya Lombok sebagai Destinasi Halal Dunia, baik sebagai tempat berwisata halal maupun sebagai tempat berbulan madu halal pada ajang World halal Travel Award 2015 yang baru lalu di Dubai Uni Emirat Arab.

Dengan predikat halal yang disandang, Nusa Tenggara Barat atau Lombok khususnya akan menjadi salah satu tujuan wisata keluarga karena pasar Halal Tourism ini memiliki potensi yang sangat besar terutama dari negara-negara Timur Tengah dan Asia.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH.M.Zainul Majdi menegaskan bahwa Nusa Tenggara Barat siap meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB sampai 50% pada tahun 2016. Walaupun itu berat tapi dengan koordinasi yang baik antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Pusat atau antara pemerintah dengan para pelaku pariwisata serta diikhtiarkan dengan ikhlas, maka hal itu akan menjadi lebih ringan.

Berhasil atau tidaknya Nusa Tenggara Barat mencapai target 3 juta kunjungan wisatawan tahun 2016, sangat tergantung dari komitmen pemerintah beserta para pelaku dan stakeholders pariwisata untuk lebih baik dan lebih giat dalam mengelola pariwisata, tentunya dengan tetap pada prinsip pengelolaan pariwisata yang berbasis lingkungan dan pelestarian alam.

SEMOGA…….

BACA JUGA :