Festival Pesona Tambora 2017 adalah kalender tetap tahunan yang telah diawali pada tahun 2015 dengan ikon “Tambora Menyapa Dunia”. Kali ini, rangkaian kegiatan Festival Pesona Tambora 2017 dimulai dengan kegiatan Table Top dan Seminar Potensi Nusa Tenggara Barat yang diadakan tanggal 23 Maret 2017  di Jakarta.

Dihadiri oleh seluruh Bupati se-Nusa Tenggara Barat dan para calon Investor di Jakarta. Hadir sebagai Keynote Speaker pada acara ini Bapak Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kekayaan alam dan peluang-peluang investasi yang dapat dilakukan di Nusa Tenggara Barat. Sehingga diharapkan para investor tidak ragu lagi untuk berinvestasi di Nusa Tenggara Barat.

Dalam penjelasannya, Binsar menyampaikan bahwa keragaman budaya dan kekayaan Indonesia sangatlah tinggi, jauh dibanding dengan negara-negara lain. Khususnya di Nusa Tenggara Barat. Keindahan dan potensi alam di Lombok sangatlah besar. Pulau Sumbawa juga mempunyai potensi kekayaan yang tinggi baik di sektor Pertanian, Pariwisata, dan tambang yang sangat potensial.  Namun hingga saat ini rangking Indonesia dalam kepariwisataan masih tertinggal jauh.  Ini dikarenakan sumber daya manusianya yang masih belum terasah. Baik dalam hal pengelolaan pariwisata maupun dalam kesadaran wisata, kesehatan, dan kebersihan. Untuk mengatasi masalah tersebut, lebih lanjut Binsar mengharap agar lebih banyak dan sering diadakan sosialisasi tentang kebersihan, toilet, kesehatan (Rumah sakit yang berstandar tourism), dan mengurangi pencemaran plastik yang merusak karang serta mencemari laut.

Di akhir presentasinya, Binsar menyampaikan bahwa pariwisata  mempunyai multiplier effect terhadap perekonomian. Oleh sebab itu, Pemda harus mendukung investasi dan pengembangan pariwisata di daerah. “Mari berikan yang terbaik untuk Nusa Tenggara Barat, sehingga target kunjungan wisatawan bisa tercapai 4 juta di tahun 2018 yang akan datang”, himbaunya.

BACA JUGA :