Jum’at, 01/12/2017 – Meskipun aktifitas erupsi Gunung Agung masih berstatus “awas” , Lombok International Airport kembali beroperasi pada pukul 08.50 Wita, Jumat 1 Desember 2017.

Sebelumnya telah diadakan rapat Koordinasi kembali di EOC LIA jam 08.00 Wita yang dipimpin langsung GM Angkasa Pura 1 Lombok International Airport bersama Stakeholder bandara terkait, mengenai kondisi terkini membaiknya VAAC darwin dan di perkuat dengan data pilot report. Maka diputuskan bandara Lombok International Airport dibuka kembali sejak saat ini. Selanjutnya akan dilaksanakan pertemuan untuk evaluasi kembali apabila ada perubahan yang signifikan.

Sementara ini, pesawat yang dapat beroperasi hanya penerbangan domestic menuju Surabaya yaitu Lion Air dan penerbangan Internasional menuju Singapura yaitu Silk Air (12.18 Wita). Terdapat beberapa penerbangan yang belum memberikan informasi yang jelas kepada Pusat Informasi sehingga menghambat penerbangan.

Walau demikian, LIA tetap mempersiapkan posko pelayanan terpadu yang beranggotakan sebanyak 68 orang dari Angkasa Pura, 4 orang dari Dinas Pariwisata Provinsi NTB, dan 5 orang dari Politeknik Pariwisata Lombok.

Para penumpang pesawat yang menunggu di LIA dihibur oleh kesenian tradisonal suku Sasak seperti musik Gendang Beleq sehingga mereka merasa nyaman dalam penantian pesawat mereka .

BACA JUGA :