Lombok Sumbawa Great Sale hadir kembali Diawal tahun 2019 sebagai pendongkrak devisa Nusa Tenggara Barat. Event LSGS 2019 termasuk dalam rangkaian CoE NTB 2019, yang akan diselenggarakan pada 27 Januari – 28 Februari 2019 dan akan berlangsung di Kawasan Cakra Negara. Seperti tahun sebelumnya, event ini digelar untuk membantu meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke NTB terutama di masa low season.

Sejumlah pelaku wisata dan pelaku industri kreatif UMKM, akan bersama-sama memberikan diskon hingga 70% khusus selama masa LSGS ini.Sekitar 150 tenant akan ikut serta dalam event kali ini dan untuk target transaksi tahun ini berkisar antara 25 miliar.Sesuai dengan kondisi kepariwisataan saat ini sehingga pelaksanaan Lombok Sumbawa Great Sale kali ini dapat meningkatkan okupansi wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat. Ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB H.Lalu Moh Faozal, S.Sos,.M.Si.

Dalam Kesempatan yang sama, Ketua Harian PHRI I.Gusti Lanang Patra juga menyampaikan bahwa Kegiatan LSGS tahun ini harus mampu menarik minat wisatawan baik Domestik maupun Mancanegara agar dapat meningkatkan tingkat hunian kamar, yang pada triwulan pertama tahun ini juga adalah fase dimana kegiatan MICE dapat dikatakan sangat minim, dengan adanya LSGS ini diharapkan dapat benar-benar meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke NTB, serta para pelaku pariwisata juga harus mampu mengemas event ini menjadi sebuah Paket-paket yang sangat menarik dengan harga yang sangat bersahabat, dengan demikian wisatawan yang tadinya belum pernah berkunjung ke Nusa Tenggara Barat akan tertarik untuk berkunjung.

Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI NTB) juga berharap agar pelaksanaan LSGS tahun ini lebih banyak yang terlibat sehingga benar-benar menarik minat wisatawan karena keberagaman produk produk unggulan yang dapat kita kemas menjadi sebuah paket wisata yang berkaitan antara UMKM dan para pelaku usaha pariwisata yang ikut terlibat.

Kami bersama dengan pengusaha taman rekreasi dan asosiasi yang lain akan segera mengemas paket-paket yang nantinya akan di jual kepada para pengunjung. Ia juga menyatakan akan menyelenggarakan paket main golf sebagai daya tarik terhadap penggemar olahraga golf. Di Lombok setidaknya ada dua lapangan golf di kawasan wisata Sire dan Golong Narmada. ”Selain itu kami juga melibatkan pedagang UMKM untuk menambah kemeriahan Great Sales,” ucapnya.

Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM) Ernanda A Dewobroto juga sangat antusias dan optimis dalam pelaksanaan LSGS tahun ini, ia juga menginginkan Event ini dapat dikemas dalam bentuk Aplikasi yang bisa di akses siapa saja sehingga memudahkan para wisatawan untuk melihat paket paket yang ditawarkan, dan hasil dari pelaksanaan kegiatan ini juga dapat didata lebih mudah dan efisien.

Kadispar NTB juga menyampaikan maskapai penerbangan sudah memastikan mengadakan paket Lombok Holidays. Jika biasanya dalam tarif normal Garuda mematok harga tiket Jakarta – Lombok mulai sekitar Rp 1,5 juta maka untuk Lombok Holidays ini hanya Rp 970 ribu. Maskapai lain juga dipastikan akan terlibat dalam penjualan ticket murah setelah bertemu Senin 14 Januari 2019 lusa.

Pelaksanaan LSGS tahun ini ada beberapa Inovasi-inovasi baru yang lebih baik dari tahun sebelumnya, seperti jumlah Tenant sebanyak 150 atau dua kali lipat dari tahun 2018. LSGS Di tahun ini juga akan menghadirkan suasana baru dan menghidupkan Usaha Kecil yang ada si sekitar lokasi pelaksanaan seperti pedagang kaki lima akan diberikan branding LSGS,serta di lokasi kegiatan tersebut juga akan menghadirkan Car Free Night yang juga akan di meriahkan oleh komunitas para pecinta kopi lombok. Hal ini tentunya akan menarik minat para muda mudi yang ada sehingga suasana akan menjadi lebih hidup. Ujar Faozal.

BACA JUGA :