Festival Pesona Bau Nyale memiliki keunikan tersendiri karena diangkat dari sebuah legenda putri mandalika dan tradisi masyarakat yang melegenda pula pada masyarakat suku Sasak Lombok, khususnya yang berada di wilayah selatan. Bau nyale diselenggarakan setiap tanggal 20 pada bulan ke 10 berdasarkan penanggalan masyarakat Sasak yang dimana untuk tahun 2020 ini Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2020 jatuh pada hari Jum’at (14/2) dilaksanakan di pantai Aan di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB, yang menjadi salah satu kawasan prioritas dari pemerintah pusat.

Tradisi menangkap Nyale (bahasa sasak Bau Nyale) dipercaya timbul akibat pengaruh keadaan alam dan pola kehidupan masyarakat tani yang mempunyai kepercayaan yang mendasar akan kebesaran Tuhan, menciptakan alam dengan segala isinya termasuk binatang sejenis Anelida yang disebut Nyale. Kemunculannya di pantai Lombok Selatan yang ditandai dengan keajaiban alam sebagai rahmat Tuhan atas makhluk ini.

Beberapa waktu sebelum Nyale keluar hujan turun deras dimalam hari diselingi kilat dan petir yang menggelegar disertai dengan tiupan angin yang sangat kencang. Diperkirakan pada hari keempat setelah purnama, malam menjelang Nyale hendak keluar, hujan menjadi reda, berganti dengan hujan rintik-rintik, suasana menjadi demikian tenang, pada dini hari Nyale mulai menampakkan diri bergulung-gulung bersama ombak yang gemuruh memecah pantai, dan secepat itu pula Nyale berangsur-angsur lenyap dari permukaan laut bersamaan dengan fajar menyingsing di ufuk timur.

Dalam kegiatan ini terlihat yang paling menonjol adalah fungsi solidaritas dan kebersamaan dalam kelompok masyarakat yang dapat terus dipertahankan karena ikutmendukung kelangsungan budaya tradisional.Keajaiban Nyale bagi suku Sasak Lombok telah menimbulkan dongeng tentang kejadian yang tersebar hampir keseluruh lapisan masyarakat Lombok dan sekitarnya. Dongeng ini sangat menarik dengan cerita yang sangat romantis dan berkembang melalui penuturan orang.

Festival Pesona Bau Nyale bisa menjadi pendorong bagaimana mengembangkan destinasi NTB dengan Mandalika. Destinasi yang juga merupakan salah satu destinasi prioritas nasional. Dimana ajang ini menjadi salah satu dari atraksi unggulan NTB yang masuk dalam kalender pariwisata nasional yang diharapkan dapat menjadi trigger untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan.

Adapun Kegiatan yang telah dilaksanakan guna mensukseskan Festival Pesona Bau Nyale 2020 yakni Photo Contest, Peresean, Pelatihan dasar SDM Pariwisata Goes To School, Dialog kreatif & Fashion, Pemilihan Putri Mandalika, Mandlika Fashion Karnaval, Kampoeng Kuliner, dan tentunya malam puncak acara Festival Pesona Bau Nyale.
Bintang tamu Charly Setia Band sukses menghipnotis ribuan wisatawan nusantara maupun mancanegara. Acara ini berlangsung hingga pagi hari, dipadati masyarakat dan wisatawan yang sangat antusias menyaksikan dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini, banyak masyarakat yang datang dari penjuru daerah dan membangun tenda hampir di seluruh kawasan pantai Aan Lombok tengah untuk menginap dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pesona Bau Nyale 2020.

Dokumentasi kegiatan :

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).