Kamis(13/02/2020) – Berbagai agenda dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk mendukung dan mensuksekan Festival Pesona Bau Nyale yang merupakan tradisi masyarakat sasak yang dipusatkan di Pantai Aan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Salah satunya kegiatan Mandalika Fashion Carnival yang dilaksanakan di Kota Praya dan diikuti oleh peserta dari 12 Kecamatan di Lombok Tengah mulai pukul 15.00 wita.
Singkat cerita sang putri tak dapat memilih satu diantara pangeran. Karena ini takdir yang menghendaki agar akumenjadi Nyale yang dapat kalian nikmati bersama pada bulan dan tanggal saat munculnya Nyale di permukaan laut. ujar sang putri Mandalika

Bersamaan dan berakhirnya kata-kata tersebut para pangeran pada bingung rakyat pun ikut bingung dan bertanya-tanya memikirkan kata-kata itu. Tanpa diduga-duga sang putri mencampakkan sesuatu di atas batu dan menceburkan diri ke dalam laut yang langsung di telan gelombang disertai dengan angin kencang, kilat dan petir yang menggelegar.

Tidak ada tanda-tanda sang putri ada di tempat itu. Pada saat mereka pada kebingungan muncullah binatang kecil yang jumlahnya sangat banyak yang kini disebut sebagai Nyale. Binatang itu berbentuk cacing laut. Dugaan mereka binatang itulah jelmaan dari sang putri. Lalu beramai-ramai mereka berlomba mengambil binatang itu sebanyak-banyaknya untuk dinikmati sebagai rasa cinta kasih dan pula sebagai santapan atau keperluan lainnya.

“Festival Pesona Bau Nyale ini adalah salah satu Festival di Lombok Tengah, di NTB dan Indonesia yang menjadi kebanggaan masyarakat, oleh karenanya mari kita sama-sama mendukung dan mensuksekan kegiatan Festival Pesona Bau Nyale ini” ujar Hj Niken Saptarini dalam sambutannya.

Kabag Humas dan Protokol Setda Lombok Tengah, H Lalu Herdan mengatakan, bahwa rute yang ditempuh dalam Mandalika Fashion Varnival Pesona Bau Nyale itu mulai star dari depan Hotel Aerotel Praya menuju jalan protokol melewati panggung kehormatan depan Kantor Bupati Lombok Tengah belok kanan dan finis di Alun2 Tastura Praya.“Mandalika Fashion Carnival ini diikuti oleh para pelajar dari 12 Kecamatan di Lombok Tengah.

Dokumentasi Kegiatan :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).