Indonesia memastikan diri akan menjadi tuan rumah untuk balapan MotoGP Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika Kek Mandalika, Praya, Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.Kepastian ini sesuai dengan kalender resmi yang dimuat pada situs resmi MotoGP.

Dalam kalender tersebut GP Indonesia 2021 sudah tercantum di dalam dokumen FIM GP World Championship Regulations update 25 Agustus 2020 halaman 34.

Disebutkan pada kalender tersebut bahwa Sirkuit Mandalika akan menggelar ajang MotoGP selama 3 hari. Soal Sirkuit Mandalika trek balap sepanjang 4,31 kilometer ini memiliki berbagai keunikan yang tidak akan ditemui di venue lainnya di seluruh dunia.

Salah satu keunikan tersebut diklaim bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitar sirkuit. Seperti dilansir dari artikel Pikiran-rakyat.com berjudul “Bisa jadi Jalan Raya, ini 5 Fakta Unik Sirkuit MotoGP Mandalika di Lombok”. Penasaran apa saja hal yang menjadi 5 keunikan dari Sirkuit Mandalika.

  1. Sirkuit sekaligus Jalan Raya Pertama di Dunia.- Sirkuit Mandalika yang diperkirakan akan selesai dibangun awal 2021 nanti akan menjadi sirkuit pertama yang sekaligus juga digunakan sebagai jalan raya. Ini berarti saat balapan tidak digelar, warga bisa melintas bebas di venue balapan MotoGP tersebut.
  2. Dimensi Sirkuit Mandalika – Panjang lintasan Sirkuit Mandalika adalah 4,31 kilometer yang dilengkapi dengan 17 buah tikungan. Sirkuit ini juga dibangun di daerah Mandalika yang merupakan daerah wisata di Indonesia kelas mancanegara Para pebalap dijamin akan betah disini karena mereka akan disuguhkan oleh pemandangan laut dan bukit yang mengelilingi bagian sirkuit.
  3. Bisa Menampung 450.000 Penonton – Karena dibuat sebagai Sirkut Kelas Internasional, maka Sirkuit Mandalika diperkirakan bisa menampung sekitar 150 ribu penonton yang hadir nantinya. Ini belum termasuk dua buah tribun khusus yang akan dibangun di atas bukit dan bisa menampung sekitar 300.000 penonton.
  4.  Lama Kontrak Pemerintah dengan Dorna – Dorna menjelaskan bahwa pihaknya sudah menandatangani kontrak selama 5 tahun dengan pemerintah Indonesia agar Sirkuit Mandalika bisa menggelar ajang balap MotoGP. Namun diperkirakan durasi tersebut bisa ditambah lagi menjadi 10 tahun karena kedekatan pihak Indonesia dan juga Dorna.
  5. Akan Menjadi Salah Satu Seri Penutup Musim – Balapan MotoGP GP Indonesia 2021 akan menjadi seri ke 15 dari 16 balapan yang akan digelar oleh Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP. Balapan di Sirkuit Mandalika ini akan digelar sebelum MotoGP Argentina yang akan menjadi balapan penutup musim 2021.

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).