MENYAMBUT Hari Kebahagiaan akhir pekan ini, PBB merilis laporan World Happines Report 2016. Laporan ini berisi 157 negara paling bahagia.

Dalam daftar tersebut, Indonesia berada di urutan ke-79. Berada di bawah Turki dan di atas Yordania. Di antara negara Asia Tenggara, Indonesia berada di bawah Singapura, Thailand, Taiwan, Malaysia, dan berada di atas Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, serta Kamboja.

Negara-negara yang dinyatakan bahagia memiliki PDB yang tinggi, kesejahteraan sosial yang baik dan penanganan medis yang tinggi.

Menurut Jeffrey Sachs dari Columbia University yang membantu menulis laporan ini mengatakan kebahagiaan dan kesejahteraan harus menjadi agenda setiap bangsa.

Pendekatan yang dilakukan untuk menulis laporan ini adalah pendekatan holistis yang menggabungkan tujuan ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Daripada mengambil pendekatan yang sempit hanya fokus pada pertumbuhan ekonomi, kita harus mempromosikan masyarakat yang sejahtera, adil, dan lingkungan yang berkelanjutan,” terang Jeffrey dikutip Dailymail, Kamis (17/3/2016).

Dalam daftar negara paling bahagia, Denmark mengambil alih tempat Swiss di posisi pertama. Sementara Swiss turun ke peringkat kedua. Negara-negara Eropa mendominasi daftar negara paling bahagia tahun ini.

Sementara negara paling bahagia di Asia diraih oleh Singapura, disusul Thailand, Taiwan, Qatar, Malaysia dan Jepang. Indonesia cukup beruntung berada di urutan ke-79, empat peringkat di atas Tiongkok yang berada di urutan 83. (jjs)

Sumber: Okezone Lifestyle

BACA JUGA :