konfress1Dalam rangka memantapkan persiapan Event Tambora Menyapa Dunia 2015 untuk mengenang 200 tahun meletusnya Gunung Tambora di Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat, Pemerintah Provinsi bersama Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Press Conference di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2015).

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Amin menyatakan bahwa sejumlah acara akan digelar untuk memeriahkan Event Tambora Menyapa Dunia 2015 ini. Ada gelar seni budaya, wisata minat khusus, sport adventure, seminar, bakti sosial, dan Jambore Seni Budaya yang diikuti pelajar se NTB. Acara yang akan digelar tidak hanya berfokus di Kabupaten Dompu, tetapi menyebar di beberapa kabupaten/kota di NTB secara proporsional.

Sementara itu melalui Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi mendapatkan tambahan alokasi dana pembangunan pariwisata sebesar 11 milyar (10 milyar untuk biaya promosi dan 1 milyar untuk pemberdayaan masyarakat pariwisata). Ini bentuk perhatian pemerintah pusat kepada daerah yang memiliki potensi pariwisata yang memiliki dayasaing.

Selain acara Press Conference, juga dilakukan penandatangan MoU antara Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Pasific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter. Kesepahaman ini bertujuan untuk mengembangkan dan menyelenggarakan program-program pariwisata terintegrasi serta pelestarian destinasi pariwisata dan budaya baik sebagai warisan budaya Indonesia yang penting dilestarikan maupun sebagai bangunan peninggalan sejarah yang sarat dengan nilai agama dan perjuangan, dengan sasaran utama kepada masyarakat Indonesia sebagai target wisatawan domestik, maupun kepada dunia internasional sebagai target wisatawan mancanegara.

Panduan lengkap pelaksanaan event Tambora Menyapa Dunia 2015, dapat di download DISINI

BACA JUGA :