ntb-siap-bikin-mata-dunia-terpana-GLZPuqzzzy EVENT pariwisata “Tambora Menyapa Dunia” siap digelar April 2015 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Event ini diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan ke NTB.

“Tentu kita punya target berapa wisatawan yang harus masuk pada event tersebut. Target kita untuk event Tambora Menyapa Dunia adalah 5 ribu sampai 10 ribu wisatawan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Fauzan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu 11 Maret 2015.

Event ini sendiri memperingati dan mengenang 200 tahun meletusnya Gunung Tambora di Pulau Sumbawa. “Tambora Menyapa Dunia” akan diisi oleh sejumlah kegiatan seni dan budaya, serta sport adventure seperti Tambora Bike sejauh 408 kilometer dari Kota Mataram menuju Doro Ncanga yang terletak di kaki Gunung Tambora pada 9 sampai 11 April.
Kemudian, terdapat juga event lomba lari sejauh 320 kilometer, mulai dari Pototano yang berletak di ujung barat Pulau Sumbawa hingga Doro Ncanga. Lari Trans-Sumbawa ini dimulai pada 8 April 2015 dan peserta hanya diberi waktu 64 jam.

Selanjutnya, pada 11 April 2015 di pagi harinya akan digelar lomba lari marathon sejauh 46 kilometer, dan 22 kilometer yang dimulai dari Dorocanga menuju puncak Gunung Tambora pergi-pulang. Selain itu, akan ada pacuan kuda dengan joki cilik di Bima dan Dompu serta atraksi menangkap sapi menggunakan laso. Kegiatan lain yang menarik adalah Trabas Tambora oleh Ikatan Motor Indonesia pada 4 sampai 5 April. Puncak acara Tamboran Menyapa Dunia akan digelar pada 11 April di kawasan Gunung Tambora.(Okezone.com, 12 Maret 2015).

Panduan lengkap pelaksanaan event Tambora Menyapa Dunia 2015, dapat di download DISINI

BACA JUGA :