ntb-targetkan-dua-juta-turis-6sg2pyjOBw PROMOSI pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah digencarkan, khususnya di Pulau Sumbawa. Bahkan, 2 juta turis ditargetkan sampai tahun 2017.

Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin memaparkan untuk mempromosikan pariwisata pemerintah provinsi telah menyiapkan dana Rp5 miliar. Gayung bersambut, sebagai wujud dukungan mengembangkan pariwisata di NTB Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menambah anggaran menjadi Rp10 miliar.

“Tetapi target kunjungannya dinaikkan menjadi dua juta wisatawan. Satu juta wisatawan mancanegara dan satu juta untuk wisatawan nusantara,” terang Menteri Pariwisata Arief Yahya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu 11 Maret 2015.

Oleh karenanya, setiap bulannya Arief Yahya berharap ada event besar di NTB untuk menarik minat kunjungan wisatawan.

Sementara, Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin menjelaskan sejauh ini selalu ada kenaikan 14 sampai 15 persen kunjungan wisatawan setiap tahun. “Perbandingan wisman dan wisnus cukup berimbang, sekira 40:60 persen, kenaikan per tahunnya 14 sampai 15 persen. Sedangkan, target 2 juta kunjungan wisman sampai tahun 2017 tadi semoga tercapai,” tuturnya.

Muhammad Amin pun bersyukur lokasi NTB cukup dengan Bali yang sudah terlebih dahulu menjadi destinasi wisata populer di Indonesia. Dia berharap dua destinasi di Nusa Tenggara, yakni Gili Trawangan dan Gili Menok kian populer bila dipromosikan bersama Bali.

“Sekarang Gili Trawangan dan Gili Menok dipromosikan bersama Bali, kami bersyukur akan hal itu. Kalau sudah dipromosikan melalui Bali, Gili Trawangan dan Gili Menok akan semakin populer,” ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Amin mengatakan selama ini NTB bukannya berdiam diri, tetapi juga sudah melakukan promosi pariwisata ke luar negeri. Menurutnya, selama ini Pemprov NTB melakukan promosi pariwiata ke Australia, Hong Kong atau China dan Malaysia (Okezone.com, 12 Maret 2015).

Panduan lengkap pelaksanaan event Tambora Menyapa Dunia 2015, dapat di download DISINI

BACA JUGA :