IMG_6578Dengan perkembangan fashion saat ini, kebutuhan masyarakat untuk memiliki koleksi busana baru semakin meningkat, dan yang saat ini sedang nge-tren adalah kain tenun rangrang. Kain tenun rangrang merupakan kain khas hasil kerajinan masyarakat Lombok Nusa Tenggara Barat. Untuk itulah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB memamerkan kain rangrang pada Pameran Produk Unggulan dalam rangka HUT NTB ke 56 yang digelar di Lapangan Parkir ex Bandara Selaparang Mataram, Rabu (17/12).

Kita patut berbangga dengan kekayaan budaya yang dimiliki daerah kita Nusa Tenggara Barat. Selain itu kain tenun rangrang saat ini adalah salah satu kain yang sedang naik daun untuk digunakan dalam acara resmi maupun santai. Tren di kalangan perancang busana juga, karena digunakan untuk fashion nasional maupun internasional”.

Kain tenun rangrang yang dipamerkan dibuat secara tradisional dengan alat tenun  oleh para pengrajin di Lombok. Pembuatan kain tenun rangrang di Lombok masih menggunakan pewarna alami. Proses pembuatan kain tenun rangrang juga cukup rumit, bisa dua minggu atau bahkan lebih. Motif, ukuran dan warna juga mempengaruhi harga jual, sehingga harga yang ditawarkan juga beragam, mulai dari 150 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah.

Kain rangrang sendiri digunakan sebagai selendang, bahan busana maupun kombinasi, bahan untuk motif tas dan sepatu juga Saat ini banyak masyarakat yang mengkombinasikan dengan bahan lain seperti satin silk, sifon dan motif polos yang di sertai dengan aksesoris. Selain dalam bentuk hasil tenun, terdapat juga kain rangrang hasil printing yang tentu dengan harga lebih murah.

Para pengunjung terlihat sangat antusias di stand Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat karena selain kain tenun rangrang, dalam pameran juga disajikan informasi-informasi kepariwisataan Nusa Tenggara Barat dalam bentuk foto dan leaflet tentang obyek-obyek wisata favorit dan unggulan di Nusa Tenggara Barat (Lombok dan Sumbawa), seperti Kawasan Geopark Rinjani, Kawasan Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Kawasan Gunung Tambora, Kawasan Lakey Dompu, dan kawasan-kawasan lain yang tidak kalah menawannya.

BACA JUGA :