rimpu1Dalam menyambut Event Tambora Menyapa Dunia 2015 yang puncaknya nanti pada tanggal 11 April 2015 mendatang, Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar Pawai Rimpu Tambora Menyapa Dunia. Pawai Rimpu yang merupakan pakaian adat asli mbojo, diikuti lebih dari 13.000 orang masyarakat Dompu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa cinta terhadap warisan budaya daerah karena pakaian adat Rimpu ini merupakan salah satu warisan leluhur dan harus dilestarikan sehingga tidak punah dimakan zaman.

Pawai yang akan menempuh jarak sekitar 5 kilometer ini dilepas oleh Bupati Dompu Bambang M.Yasin didampingi Wakil Bupati dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, dan akan melalui Jalan Soekarno Hatta. Hadir juga dalam acara ini Senior Manager MURI Paulus Pangka.

Event ini merupakan catatan MURI yang ke 6881, dan ini untuk yang pertama kali, rekor ini belum pernah ada sebelumnya. MURI  memberikan tiga piagam penghargaan, masing-masing kepada Pemerintah Kabupaten Dompu selaku penyelenggara kegiatan, Bupati Dompu dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu selaku penggagas acara ini.

Bupati Dompu Bambang M.Yasin sangat bahagia dan bangga dapat menggagas acara seperti ini dan mendapatkan tercatat sebagai Rekor MURI. “Kesuksesan ini merupakan keseuksesan kita bersama, kesuksesan masyarakat Dompu”. Kami sangat mengapresiasi dukungan semua pihak sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan” tandas Bambang.

Mari lestarikan budaya bangsa sebagai bentuk cinta kita kepada Nusa dan Bangsa Indonesia.

piagam-muri

BACA JUGA :