pekan tenun tradisionalPekan Tenun Lombok Sumbawa sebagai rangkaian Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015 diselenggarakan selama satu pekan di Jalan Tenun Cakranegara. Pekan tenun ini dibuka oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Nusa Tenggara Barat Ibu Erica Zainul Majdi, dan turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi.

Dalam sambutan pembukaannya, ibu Erica menceritakan sejarah perkembangan batik jawa sampai menembus pasar global. “Tenun Tradisional Lombok Sumbawa yang merupakan warisan budaya nenek moyang kita harus kita pertahankan kelestariannya” pungkas Erica.

Lebih jauh Erica menyatakan bahwa kita memang tidak bisa mengalahkan batik jawa yang telah berkembang pesat sejak lama, akan tetapi kita harus memiliki optimisme yang tinggi untuk bisa lebih maju dari sekarang. Sumber daya dan potensi yang kita miliki sangatlah besar , sehingga bukan tidak mungkin batik tradisional Lombok Sumbawa akan bisa berkembang seperti halnya batik jawa. “Saya yakin tenun tradisional Lombok Sumbawa bisa menembus pasar internasional”, tegasnya.

Setelah membuka acara, ibu Erica melakukan pengguntingan pita sebagai tanda dimulainya pameran tenun tradisional Lombok Sumbawa 2015 dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke stand-stand pameran.

BACA JUGA :