Mataram, 7 Agustus 2019 – Pelatihan Digital Marketing Desa Wisata diberikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTB yang bekerjasama dengan Google, kepada para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-NTB. Pelatihan ini dilangsungkan di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah. Peserta yang mengikuti sebanyak kurang lebih 80 orang, yang berlangsung sejak pukul 08.00 – 15.00 WITA. Tujuan diadakannya pelatihan ini guna mentotalitaskan pengembangan program Desa Wisata Gemilang 2019 – 2023.

Pemerintah mempersiapkan anggaran sebesar 100 juta rupiah untuk setiap desa, yang diberikan melalui kepala desa masing-masing. Target yang akan ditempuh untuk tahun 2019 adalah sebanyak 25 desa, sedangkan tahun 2020 sebanyak 30 desa dan tahun di tahun terakhir 2023 sebanyak 100 desa wisata.“Kami berharap agar setiap Desa Wisata yang dikunjungi juga siap menjadi tujuan wisata yang sesuai standar dan mandiri” jelas Lalu Moh.Faozal sebagai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB.

Dengan adanya media digital, maka diharapkan dapat memudahkan pengembangan maupun monitoring perkembangan di setiap desa wisata se-NTB. Pelatihan yang diberikan juga berupa pengenalan akan platform-platform yang dapat membantu memperkenalkan ciri khas masing-masing desa, sehingga menarik minat pengunjung untuk berkunjung ke desa wisata tersebut.

“Digital marketing itu adalah sesuatu yang harus dilakukan supaya jangkauan daripada pasar yang diinginkan lebih luas, kemudian lebih fokus kepada target yang kita inginkan. Jadi sarana platform dari google ini sangat bagus dan tepat untuk diaplikasikan.” Askar DG Kamis, fasilitator Google.

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).