gambar launching berita pesona lombok sumbawa2Setelah sukses dengan Visit Lombok Sumbawa 2012, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali berinovasi dengan meluncurkan branding baru “Pesona Lombok Sumbawa” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta pada hari Senin, 14 Desember 2015, sekaligus melaunching  Kalender Event 2016.

Branding Pariwisata Nusa Tenggara Barat “Pesona Lombok Sumbawa” merupakan komitmen Pemerintah Provinsi bersama Insan Pariwisata Nusa Tenggara Barat dalam membangun dan mengembangkan pariwisata ke arah yang lebih baik, dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan dan menjaga kondisi kepariwisataan Nusa Tenggara Barat ke arah yang lebih aman dan nyaman.

Pada launching tersebut, Menteri Pariwisata diwakili oleh Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Ibu Esthy Reko Astuty bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat H.Lalu Moh.Faozal didampingi para pelaku pariwisata Nusa Tenggara Barat.

Peluncuran Branding “Pesona Lombok Sumbawa” dan “Kalender Event 2016” bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat dengan target 3 juta wisatawan di tahun 2016 dan juga dalam rangka mendukung Branding Pariwisata Nasional “Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia”.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Ibu Esthy Reko Astuty mengatakan, Pesona Lombok Sumbawa merupakan “Destination Branding” dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata daerah NTB ke mancanegara, sekaligus untuk mendukung branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia sebagai Country Branding.

Country Branding “Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia” akan menjadi semakin kuat dengan penetapan Destination Branding yang dimiliki daerah seperti “Pesona Lombok Sumbawa” sebagai Branding Pariwisata NTB yang diluncurkan pada hari ini, tegas Esthy Reko Astuty selanjutnya.

Esthy Reko Astuty berharap Branding Pariwisata Nusa Tenggara Barat “Pesona Lombok Sumbawa” akan semakin memperkuat posisi tawar kepariwisataan Nusa Tenggara Barat menjadi tujuan wisata utama bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Posisi pariwisata NTB semakin mendunia dengan terpilihnya Lombok sebagai WORLD BEST HALAL DESTINATION DAN WORLD BEST HALAL HONEYMOON DESTINATION pada ajang World Halal Travel Awards 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab, baru-baru ini.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat TGM.Zainul Majdi dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat mengatakan, bahwa Branding “Pesona Lombok Sumbawa” merupakan komitmen kepada dunia sekaligus mempertegas posisi tawar Lombok dan Sumbawa dalam persaingan pariwisata internasional. Kata Pesona menunjukan pesan kaya dengan ketakjuban dari segala aspek baik manusia, budaya maupun alamnya.

Branding ini pada akhirnya bertujuan untuk menciptakan pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism yang didukung oleh 3 pilar utama yaitu; culture, nature, dan creative (man made). Ketiganya memberi makna bahwa Alam (nature) NTB yg sangat indah baik berupa keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, serta beranekaragam hayati. Lombok Sumbawa juga secara jelas memiliki kekayaan budaya (culture) yang unik dan heterogen, berupa suku, bahasa, tradisi dan adat istiadat (Sasak, Samawa dan Mbojo), sedangkan karya kreatif (creative-man made) putra-putri NTB harus pula merepresentasikan daya kreasi yang mampu mencipta ragam karya, daya tarik dan atraksi yang memikat wisatawan, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal.

Lebih jauh Kepala Dinas mengatakan bahwa tantangan terbesar pariwisata NTB dalam Sustainable Tourism (Pariwisata Berkelanjutan) adalah bagaimana menghasilkan repeated visitors atau pengunjung yang datang berkali kali karena memang ingin menikmati Pesona Lombok Sumbawa, kegiatan pariwisata memberikan manfaat langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat setempat, serta melalui kegiatan pariwisata lingkungan dan alam NTB menjadi lestari.

Peluncuran Branding “Pesona Lombok Sumbawa” dan “Kalender Event 2016” ini juga dihadiri sejumlah Duta Besar negara sahabat dari negara yang menjadi pasar utama pariwisata NTB, para steakholder pariwisata di Jakarta, serta sejumlah perusahaan jasa transportasi darat di antaranya Kereta Api Commuter Line dan Bus Trans Jakarta.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), kerjasama promosi melalui sarana transportasi darat antara Perusahaan Kereta Api Indonesia (PT.KAI) Commuter Line dan Bus Trans Jakarta koridor Soekarno Hata-Gambir dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

SUKSES KEPARIWISATAAN NUSA TENGGARA BARAT DENGAN BRANDING BARU “PESONA LOMBOK SUMBAWA”.

BACA JUGA :