buku-panduan-festival-pesona-tambora-2016-H1_1Festival Pesona Tambora Tahun 2016 kini menjadi event nasional yang akan dihelat setiap tahunnya. Bulan April tahun lalu event ini diberi label “Tambora Menyapa Dunia” dan ketika itu Joko Widodo Presiden Republik Indonesia yang menghadiri acara tersebut menetapkan event ini (Event Tambora) menjadi event tetap yang berskala nasional.

Rapat persiapan dalam rangka sinkronsasi kegiatan dengan kabupaten/kota digelar tanggal 29 Maret 2016 di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat dipimpin Wakil Gubernur, dihadiri oleh Kapolda NTB, Danrem 162/WB, Danlanal, Danlanud, SKPD Provinsi, Kapolres se Pulau Sumbawa, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se Pulau Sumbawa, Asosiasi Pariwisata dan Stakeholders Pariwisata lainnya.

Dalam arahannya Wakil Gubernur NTB menekankan pada peningkatan koordinasi dengan rasa kebersamaan yang tinggi menjadi kata kunci untuk keberhasilan dan kesuksesan acara ini. “Dengan kerja keras, koordinasi yang bagus, dan kebersamaan yang baik diantara kita, saya yakin kegiatan ini akan sukses”, pungkas Wakil Gubernur.

Tahun ini dengan label baru “Festival Pesona Tambora 2016” juga akan dihadiri sang presiden. Tema yang diangkat tahun ini juga berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini mengangkat Tema Utama tentang Kemaritiman untuk mendukung poros maritim yang merupakan Program Strategis Nasional Joko Widodo.

Event ini juga akan dirangkai dengan berbagai kegiatan dan atraksi budaya, mulai dari kegiatan yang berbasis ekonomi kreatif sampai pada sport tourism.

Kegiatan Ekonomi Kreatif, bertujuan mengangkat potensi kopi tambora melalui Festival Kopi Tambora dan Kompetensi Kopi Kreatif.

Kegiatan Seni Budaya, diisi dengan pawai budaya, cera labu, kirab petaka, pentas seni doroncanga, pagelaran tari kolosal, pesona moyo tambora, pentas seni labuan kenanga, gelar budaya, cargo cult carnival, pameran seni rupa dan instalasi, tambora lierart, ritus budaya tambora,dan klik fotografi.

Kegiatan Seminar dan Ilmu Pengetahuan, meliputi seminar lingkungan, seminar pariwisata bahari, seminar wisata halal, seminar pelestarian hutan, pemutaran film Climate Change.

Sport Adventure, meliputi tambora runing lintas sumbawa, tambora ultra, tambora bike camp, merah putih di kaldera tambora, pacuan kuda pantai paju lepadi, 2days trail adventure tambora, puncak upacara Festival Pesona Tambora, jelajah tambora, dan pacuan kuda bima.

Diharapkan dengan gaung Festival Pesona Tambora 2016, akan mengangkat seluruh potensi yang dimiliki Pulau Sumbawa seperti Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Tambora (Samota). Dengan demikian para investor akan semakin berminat berinvestasi di Pulau ini.

Panduannya Download DISINI

BACA JUGA :