pembukaan mtq nasional xxvi 2016 mataram-gabung Musabbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXVI Tahun 2016 di Mataram Nusa Tenggara Barat resmi dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Islamic Center Mataram yang merupakan Venue Utama penyelenggaraan MTQ ke 26 Tahun 2016 (Sabtu: 30/07/2016).

Dalam pembukaan yang dimualai lebih kurang jam 20.00 Wita, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan beberapa menteri lainnya, serta Gubernur Nusa Tenggara Barat TGM.Zainul Majdi bersama Ibu Erica Zainul Majdi dan Wali Kota Mataram Ahyar Abduh bersama Ibu.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyatakan “Saya berharap, Musabbaqah Tilawatil Qur’an yang sudah lama berkembang di tengah kita dan terselenggara dari provinsi satu ke provinsi lainnya secara bergilir, dapat mewarnai budaya dan kearifan lokal masing-masing daerah”.

“Penyelenggaraan Musabbaqah Tilawatil Qur’an secara periodik juga diharapkan bisa membumikan Al Qur’an agar dapat lebih diapahami” kata Presiden lebih lanjut.

Lebih lanjut Presiden mengharapkan bahwa dalam penyelenggaraan MTQ ini prestasi adalah yang utama, namun yang lebih utama lagi adalah syiar dan dakwah membumikan Al Qur’an dan kita harus menjadikan Al Qur’an sebagai nafas kita. Penyelenggaraan MTQ juga harus dilihat sebagai perkembangan Islam di Indonesia, dan nanti akan tiba saatnya negara lain belajar tentang Islam di Indonesia.

Sementara itu Gubernur Nusa Tenggara Barat TGM.Zainul Majdi selaku tuan rumah menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah berkenan hadir membuka MTQ ini. Ucapan yang sama juga disampaikan Gubernur kepada para menteri, Duta Besar negara sahabat, Gubernur seluruh Indonesia yang berkesempatan hadir, dan para kafilah dari 34 provinsi yang akan berlomba untuk 18 mata lomba di 11 venue (lokasi) pada beberapa kota/kabupaten (Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah).

BACA JUGA :