Kegiatan ini dibuka langsung Oleh Direktur Politeknik Pariwisata.Dalam sambutannya Hamsu Hanafi mengatakan kegiatan FGD kedua ini guna mencari data update yang dibutuhkan oleh 2 penelitian Institusi yang sama-sama mengangkat judul penelitian Studi Kelayakan Pembukaan Program Studi Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata dan Manajemen Bisnis Konvensi & Perhelatan. Lebih lanjut Hamsu mengatakan, kita membutuhkan data khususnya dari para pelaku industri pariwisata guna mengetahui bagaimana kebutuhan SDM bidang destinasi dan MICE, data dari Dinas Pariwisata Provinsi NTB dan kabupaten Kota yang ada di NTB guna mengetahui kebijakan-kebijakan terkait SDM Pariwisata.

Dalam kegiatan FGD ini dibuat dalam 2 Sesi, sesi pertama dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya Kadispar Provinsi NTB, Kepala Operasional ITDC, dan peserta dari Dinas Pariwisata se-Pulau Lombok, turut hadir juga dari unsur Pokdarwis dari beberapa desa wisata yang ada di Lombok.

Pada sesi pertama fokus untuk mendapatkan data mengenai Analisis Kebutuhan SDM Pariwisata khususnya bidang Destinasi dan MICE.

Selanjutnya pada sesi 2, fokus terhadap rancangan kurikulum dan luaran lulusan dari 2 Program Studi yang akan dibuka ini. Hadir dalam sesi 2 yaitu Narasumber Bapak Prof. Azril Azahari, beliau merupakan Guru Besar di STP Trisakti dan juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia. Pada sesi 2 ini Focus Group Discussion dilakukan dengan Virtual (zoom meeting).

Source : Politeknik Pariwisata Lombok

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).