Pada Selasa (31/08), bertempat di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah dilaksanakan rapat pembahasan peningkatan SDM ASDN pada sektor pariwisata serta perikanan dan kelautan.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata NTB tersebut, mendatangkan langsung tim Kajian Analysis SDM ASDN dari pusat.

Suryanto, selaku perwakilan dari tim Kajian Analysis SDM ASDN memberikan pemaparan secara singkat tentang tujuan diadakannya kegiatan ini, yang salah satunya ialah dalam rangka peningkatan kinerja ASN maupun non-ASN (PPPK) di dalam lingkungan dinas, terutama Dinas Pariwisata dan Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai sektor prioritas yang ada di NTB.

Suryanto menambah kualitas ASN saat ini masih cukup rendah integritasnya dan belum terbangun budaya kerja yang produktif aparatur, sedangkan saat ini ASN sebagai salah satu pilar yang memiliki andil yang besar untuk memajukan perekonomian negara.

“Sehingga nantinya akan menjadi tugas untuk pemerintah pusat dan Kementrian Pariwisata untuk merekrut orang-orang yang masuk ke dalam jabatan fungsional yang layak,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekertaris Dinas Pariwisata NTB, L. Hasbulwadi menjelaskan secara singkat jabatan-jabatan yang ada di Dinas Pariwisata beserta struktur organisasinya. Sekdispar mengungkapkan bahwa terminologi yang di adaptasi pada Dinas Pariwisata NTB saat ini adalah terminologi terbaru dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Termasuk nantinya pada saat recruitment, dengan menggunakan sistem berbasis kompetensi. Pengembangan potensi juga kami akan mengarah pada pengembangan kompetensi berbasis sistem,” tambahnya.

“Hanya saja kendala kami di daerah saat ini adalah masih keterbatasan adanya anggaran, sehingga masih susah untuk melakukan peningkatan pengembangan potensi SDM untuk ASN di daerah kita saat ini,” tutupnya.

Di akhir pertemuan tersebut, perwakilan dari tim Kajian Analysis SDM ASDN berharap agar pertemuan pada hari tersebut akan memberikan insight dalam progress pengkajian yang saat ini sudah hampir selesai.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).