Program Kemitraan Pertamina mendampingi dan membina para pelaku UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UMKM dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatkan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan dengan program terarah untuk menghasilkan UMKM naik kelas.

Pola pembinaan Program Kemitraan Pertamina dilakukan dengan pemberian pendampingan, sertifikasi, dan perizinan, serta pemberian fasilitas promosi dan pengembangan pasar dalam ajang pameran maupun pemanfaatan digital platform, yang dilaksanakan dengan tujuan agar UMKM dapat tumbuh, berkembang, hingga menghasilkan UMKM naik kelas.

Penyaluran Dana Pinjaman Program Kemitraan diberikan dengan nilai hingga Rp 200 juta dan jasa administrasi sebesar 3 persen per tahun. Setelah modal, mitra binaan ditingkatkan kemampuannya sehingga dapat bersaing menjadi tangguh dan mandri. Program terdiri dari upskilling bidang keuangan, marketing, promosi, maupun lainnya yang menyangkut peningkatan produktivitas Mitra Binaan.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).