Praya – Rabu (07/02)  Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) menggelar Rapat Teknis Persiapan Festival Pesona Bau Nyale 2018. Rapat teknis ini digelar untuk melakukan kordinasi serta melihat persiapan terkait pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale 2018 bertempat di Hotel D’max, Praya yang akan segera dimulai beberapa waktu mendatang.

Rapat kordinasi kali ini dilakukan dengan mendengarkan presentasi terkait kesiapan dari berbagai pihak yang terlibat secara langsung dalam pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale 2018. Turut hadir dalam rapat kordinasi ini, Sekretaris Daerah Lombok Tengah, Kepala Kepolisian Resort Lombok Tengah, dan perwakilan PBVSI Lombok Tengah,

Tidak hanya mendengarkan presentasi terkait kesiapan pelaksanaan, rapat kordinasi ini juga turut mengundang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perhubungan Umum NTB, Dinas Perhubungan Umum Lombok Tengah, Balai Jalan Nasional, PT. ITDC serta SKPD se Provinsi dan se Kabupaten Lombok Tengah untuk mendengarkan kesiapan dukungan terhadap pelaksanaan event yang saat ini menjadi bagian dari 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia ini.

Sekda Lombok Tengah dalam sambutannya sebelum membuka rapat kordinasi menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya karena pada tahun ini core event Bau Nyale mampu menjadi bagian dari 100 event terbaik versi Kemenpar. “tentunya ini merupakan hal yang sangat membanggakan karena pada akhirnya event ini mampu mendapat perhatian dari pemerintah pusat”, ujar beliau yang kemudian ditutup dengan membuka secara resmi rapat kordinasi pesiapan Festival Pesona Bau Nyale 2018.

“Sebelumnya kita telah melewati proses yang begitu panjang untuk membuat agar Bau Nyale mampu menjadi bagian dari 100 wonderful event kemenpar. Curator yang ada sangat professional dan independent, sehingga pencapaian ini sangatlah istimewa. Jadi posisi Bau Nyale saat ini, kalau seperti main bola, kita bukan lagi bermain di Liga Lokal, tapi kita bisa katakan saat ini kita sudah bermain di Liga Eropa, karena target pasarnya sudah masuk pasar mancanegara”ujar Faozal selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB

Mendengar pemaparan yang begitu bersemangat dari Kadispar NTB, berbagai respon dan dukungan pun diutarakan oleh tamu undangan. ITDC selaku pihak yang bertanggung jawab penuh terhadap kawasan Mandalika, juga telah menyatakan dukungannya. Begitupun Dinas terkait hingga tenaga keamanan yang dalam hal ini dikordinir langsung oleh Polsek Lombok Tengah.

 

Setelah mendengarkan masukan serta kesiapan dan dukungan dari berbagai pihak yang hadir, para peserta rapat terutama Kadispar NTB dan Sekda Lombok Tengah sepakat bahwa Festival Pesona Bau Nyale 2018 ini siap untuk dilaksanakan sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan. Kordinasi akan dilakukan secara berkala dan semua pihak sepakat untuk menyukseskan pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale 2018 ini.