Pesona Desa Wisata Bilebante Lombok Tengah dan Desa Wisata Sembalun Lombok Timur dipromosikan melalui tampilan video dalam ISED Dialogue Forum 2020, yang digelar Kementerian PPN /Bappenas bersama Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) secara virtual pada Senin 9 November 2020.

ISED Dialogue Forum 2020 dihadiri oleh Divisi Pengembangan Kerjasama Kedutaan Besar Federal Jerman untuk Indonesia Dr David Tantow, Country Director GIZ for Indonesia, ASEAN and Timor Leste, Martin Hansen, Principal Advisor Project ISED, Ruly Marianti, Direktur Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bappenas, Leonardo Adypurnama, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria br Simanungkalit, Analis Kebijakan Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Surana, dan sejumlah peserta lainnya.

Program Inovasi dan Investasi untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan yang Inklusif (ISED) merupakan kerjasama bilateral pemerintah Indonesia dan Jerman yang didukung oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN / Bappenas) dan diimplementasikan oleh Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH. Program akan memasuki tahun yang keempat dan terakhir pada Juni 2021.

Desa Bilebante dan Desa Sembalun merupakan desa yang masuk dalam bagian program ISED. Para peserta menyaksikan keindahan Bilebante dan Sembalun di Lombok melalui video Virtual Tour yang ditampilkan dalam Forum.

Potensi wisata berbasis sumberdaya lokal di desa tersebut digali dan dipromosikan, SDM kepariwisataan juga diberi pelatihan berkelanjutan, termasuk potensi UMKM dan pemanfaatan teknologi digital.

Ketua Desa Wisata Hijau Bilebante, Lombok Pahrul Azim mengungkapkan, Desa Bilebante sangat terbantu dengan implementasi proyek-proyek kerja sama bilateral Indonesia – Jerman.

Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan dapat dirasakan oleh masyarakat desa, antara lain pengembangan keterampilan yang berujung pada perbaikan pendapatan keluarga.

“Masih banyak pekerjaan rumah yang menanti Desa Bilebante agar lebih berkembang lagi, tapi kami optimis dengan keberlanjutan kerja sama yang sudah terjalin,” katanya.

Video promosi pariwisata Desa Bilebante dan Desa Sembalun di Lombok dibuat oleh komunitas masyarakat pelaku wisata di Desa tersebut. GM Hotel Aruna Senggigi, Weni Kristanti mengakui cukup terbantu dengan program ISED terutama untuk mendorong digitalisasi Aruna Senggigi.

Program Inovasi dan Investasi untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan yang Inklusif (ISED) merupakan kerjasama bilateral pemerintah Indonesia dan Jerman yang didukung oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) dan diimplementasikan oleh Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH. Program akan memasuki tahun yang keempat dan terakhir pada Juni 2021.

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).