Panduan TMD-Final_1Persiapan final Event Akbar Tambora Menyapa Dunia 2015 yang merupakan peringatan dua abad meletusnya Gunung Tambora di Kabupaten dompu dan Bima Nusa Tenggara Barat digelar Senin pagi (30/03/2015) dipimpin langsung oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. TGH. M. Zainul Majdi di ruang Rapat Utama Kantor Gubernur.

Pertemuan dihadiri Sekda Provinsi, Bupati Dompu, Sekda Bima, Komandan Korem, Komandan Pangkalan Udara Rembiga, Komandan Pangkalan Laut Ampenan, Kepolisian Daerah NTB, Kepolisian Resort Dompu dan seluruh SKPD Provinsi Nusa Tenggara Barat dan SKPD terkait Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Dalam arahannya, Gubernur Nusa Tenggara Barat menekankan agar seluruh panitia lebih fokus pada kegiatannya sesuai fungsi dan tanggungjawabnya dalam kepanitiaan. “Ini akan dihadiri presiden, persiapannya harus bagus sehingga acaranya akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan”, tandas Gubernur.

Kehadiran presiden pada acara Tambora Menyapa Dunia ini menuntut pihak keamanan seperti Korem dan Polda TNI untuk melakukan persiapan matang dalam pengamanan RI1 sesuai dengan prosedur dan protokoler yang berlaku.

Komandan Korem dalam paparannya akan mempersiapkan kendaraan berat didukung Polda NTB dalam pengamanan khusus presiden. Sementara itu Danlanud menyiapkan satu skuadron pesawat tempur jenis Sukhoi yang didatangkan dari Skuadron Makasar dan Madiun.

Lebih lanjut Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (LANUD) Rembiga Letkol Pnb Ardi Syahri, mengatakan bahwa pihaknya telah siap melakukan pengamanan udara terkait rencana kedatangan Presiden Joko Widodo ke Event Tambora Menyapa Dunia di Kabupaten Dompu. Untuk pengamanan udara, pihaknya telah mensiagakan satu skuadron pesawat tempur yang akan stand by di Makasar dan Madiun.

Sementara itu Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Dan Lanal) Ampenan akan menyiapkan dan mensiagakan  dua buah Kapal Perang Republik Indonesia untuk mengamankan laut wilayah Pulau Sumbawa untuk keamanan presiden.

Dalam arahan akhir rapat, Gubernur Nusa Tenggara Barat meminta kepada semua pihak untuk menyukseskan Event Akbar Tambora Menyapa Dunia 2015. “Silahkan masing-masing SKPD mengambil bagian sesuai dengan tugas dan fungsinya, agar event ini bisa berjalan sessuai dengan yang direncanakan”, demikian Gubernur.

BACA JUGA :