promosi-unik-untuk-tingkatkan-wisata-ntb-TT9Qt9IIAR PROMOSI pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah digencarkan. Sejumlah promosi diusulkan, salah satunya melalui cerita fiksi. Secara umum NTB terdiri dari dua pulau besar, yaitu Lombok dan Sumbawa. Menurut Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya pariwisata di Pulau Lombok saat ini terkenal, sehingga promosi lebih difokuskan ke Pulau Sumbawa. Menpar mengusulkan untuk mengangkat sebuah cerita fiksi untuk mempromosikan pariwisata di Pulau Sumbawa.

Menurut Menpar, Gunung Tambora sebagai salah satu potensi wisata Pulau Sumbawa memiliki banyak histori ataupun dibuat cerita fiksi.

“Coba Gunung Tamboranya itu dibuatkan cerita fiksi, karena itu memang menarik,” ujarnya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu 11 Maret 2015.

Menpar memberi contoh seperti kisah Harry Potter di Inggris yang mampu menjadi daya tarik wisata. Menpar menceritakan, di London ada sebuah troli Harry Potter yang mampu menarik ratusan ribu wisatawan.

“Seperti Harry Potter. Di London ada sebuah troli Harry Potter, mungkin bagi kita itu tidak ada apa-apanya, tetapi ratusan ribu orang datang karena troli itu. Jadi, cerita fiksi bisa lebih menarik untuk promosi pariwisata,” jelasnya.

“Misalnya lagi, siapa yang tahu dulu tentang Belitung? Di sana hanya ada batu-batu besar. Tetapi, setelah Novel Laskar Pelangi keluar Belitung mulai dikenal dengan keindahan alamnya,” pungkasnya (Okezone.com, 12 Maret 2015).

Panduan lengkap pelaksanaan event Tambora Menyapa Dunia 2015, dapat di download DISINI

BACA JUGA :