Pulau Satonda yang terletak di wilayah Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Dompu yang memiliki potensi dan daya tarik wisata serta keindahan yang memikat dan cantik serta asik dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga.

Perjalanan ke lokasi dari pusat Kota Dompu membutuhkan waktu ± 2-2.5 jam menggunakan jasa transportasi setempat. Keberangkatan dimulai dari Kota Dompu  menggunakan jasa transportasi darat (mobil) menuju pelabuhan Nangamiro. Dari Pelabuhan Nangamiro, perjalanan dilanjutkan  menggunakan jasa transportasi laut (perahu) dengan waktu tempuh ± 30 menit.

Perahu yang dipergunakan berkapasitas 6-10 orang dengan tarif Rp. 500.000. Cukup mahal memang, tapi hal ini sesuai dengan kondisi dan jarak tempuh ke lokasi yang cukup memakan waktu, lagipula sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang tidak akan anda temukan di tempat lain, pokoknya dijamin anda tidak akan kecewa deh.

Destinasi wisata ini banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Wisatawan mancanegara yang banyak mengunjungi tempat ini berasal dari Prancis, Jepang, dan Jerman. Sedangkan untuk wisatawan nusantara di dominasi oleh wisatawan lokal pulau Sumbawa yang ingin membawa keluarga berekreasi melepaskan penat .

Destinasi ini juga tersedia fasilitas akomudasi (penginapan) berupa villa dengan tarif yang berpariasi mulai dari harga Rp. 125 ribu sampai yang termahal Rp. 2 juta. Villa dengan tarif  Rp. 125 ribu, berkapasitas sampai 8 orang (tanpa AC). Untuk villa yang berfasilitas AC dengan kapasitas untuk 2 orang di banroll dengan harga Rp. 1.5 juta (ini cocok untuk bulan madu), sedangkan untuk villa yang berkapasitas sampai 6 orang (Full AC), tarifnya di patok seharga Rp. 2 juta.

Disarankan kepada pengunjung untuk membawa makanan dan minuman tambahan, karena di obyek wisata ini belum begitu banyak pilihan untuk makanan dan minuman, sehingga menjadi kurang leluasa untuk mendapatkan menu-menu makanan yang anda pavoritkan.

SILAHKAN MENCOBA……SELAMAT MENIKMATI SEGALA KEINDAHAN PULAU SATONDA DENGAN DANAUNYA YANG CANTIK DAN MEMIKAT.

BACA JUGA :