Doro Ncanga NTB – Tarian Kolosal Nggahi Rawi Pahu Mengawali meriahnya Puncak Festival Pesona Tambora (FPT) 2018 digelar di kawasan padang Savana Doro Ncanga, di kaki Gunung Tambora, Kecamatan Tambora, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Rabu 11/4/18

Tenaga Ahli Menpar Bidang Multikultural, Esthy Reko Astuti, saat membuka Festival Pesona Tambora mengatakan “Ini merupakan tahun ke empat pelaksanaan Festival Pesona Tambora, dan setiap tahun selalu jadi trending topik. Tahun ini diharapkan FPT bisa mempromosikan Tambora, dan pulau Sumbawa secara umum ke tingkat nasional hingga ke tingkat dunia,”

Esthy juga mengingatkan, empat tahun yang lalu tepatnya tahun 2015, saat FPT pertama kali digelar dengan tajuk “Tambora Menyapa Dunia”, Presiden Joko Widodo yang waktu itu melaunching dan mbuka kegiatan menekankan satu hal seluruh masyarakat NTB, Bahwa momentum meletusnya Tambora harus diperingati dalam festival setiap tahun. Tujuannya untuk mempromosikan kepariwisataan yang ada di Pulau Sumbawa, NTB bahkan Indonesia. Karena itulah, ini tahun ke empat dan tahun ini FPT menjadi kalender event pariwisata nasional Wonderful Indonesia,” ucap Esthy.

Menurutnya, kemajuan sektor pariwista NTB semakin bagus setiap tahunnya. Karena selain Tambora, KEK Mandalika yang juga merupakan 10 destinasi prioritas dan menjadi destinasi internasional.

Atraksi-atraksi seperti FPT harus terus dilakukan dan dikembangkan untuk mempromosikan daerah NTB. Sebab tiga kunci keberhasilan pariwisata adalah kesiapan amenitas, aksesbilitas, dan atraksi-atraksi buatan.

“Secara nasional kita ditargetkan bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara di tahhun 2019, dan tahun ini target kita 17 juta. Kami optimistis ini bisa tercapai, apalagi NTB sendiri di tahun ini akan menyumbang 4 juta wisatawan,” ungkap Esthy

Bambang M Yasin selaku Bupati Dompu mengatakan, kegiatan FPT yang memasuki tahun ke empat ini memberidampak positif bagi kemajuan pembangunan di Dompu, khususnya di sektor pariwisata.

FPT juga menjadi ajang bagi Dompu untuk mempromosikan ke luar bahwa di Dompu ada banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi.

“Semoga FPT kali ini juga menjadi sesuatu yang sangat berkesan, sangat menginspirasi bagi masa depan pariwisata Indonesia, dan khususnya NTB,” ucap bambang.

Ia juga mengatakan, Tambora Challenge Lintas Sumbawa 320 K yang diikuti 47 orang pelari marathon juga menjadi ikon sport tourism paling berat di Asia yang Start dari Kabupaten Sumbawa Barat dan finish di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu. “yang menjadi icon untuk kami juga bahwa Tambora Challenge Lintas Sumbawa 320 K ini merupakan lari marathon terpanjang se-asia dan hanya ada di pulau Sumbawa, Indonesia.

Bupati Dompu itu juga mengatakan, kawasan Tambora merupakan sesuatu daerah yang sangat lengkap. Ada padang Savana, ada tantangan mendaki gunung Tambora, dan bentangan pantai kawasan yang juga indah untuk dinikmati, serta kultur dan budaya khas masyarakat setempat.

Puncak FPT 2018 di Doro Ncanga, Dompu diisi dengan sejumlah atraksi kegiatan, mulai dari Tarian Kolosal, atraksi terjun payung dari TNI AL, dan juga hiburan yang menghadirkan artis Anang Hermansyah beserta keluarga, kampung kuliner, dan juga pameran industri kreatif.

Rosiady Sayuti selaku Sekda NTB mengucapkan, “terimakasih kepada seluruh element yang sudah turut serta mensukseskan acara ini.Menyiapkan destinasi sebaik-baiknya, seindah indahnya, dan menyiapkan event secara maksimal.Semoga momentum FPT tahun ini lebih baik dari FPT tahun tahun lalu. dan semoga masuk dalam ingatan para pelancong baik lokal maupun mancanegara” ucap Sekda NTB itu.

Puluhan ribu viewers sudah melihat betapa dahsyatnya FPT ini. Dan saya berharap dengan kehadiran mas Anang dan keluarga, Pesona Tambora akan semakin dikenal masyarakat dan mendunia. Sambung Rosyadi.

BACA JUGA :