PRAYA- event Festival Pesona Bau Nyale Tahun 2020 yang merupakan event perdana Wonderful Event pertama di NTB yang harus didukung oleh segala pihak demi mensukseskan kegiatan ini, dari sisi manajemen promosi juga harus diperhatikan event pariwisata di NTB untuk tahun 2020 mengangkat tema Road To Mandalika MotoGP 2021 dan event festival pesona Bau Nyale ini sudah siap digelar. Hal itu dipastikan setelah Dinas Pariwisata Provinsi NTB dan Pemerintah Daerah Lombok Tengah serta pihak terkait melaksanakan rapat koordinasi di Kampus Poltekpar Lombok, Desa Puyung, Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (30/1).

“Hari ini kita sudah rapat finalisasi rangkaian kegiatan Bau Nyale. Jadi semua event Festival Pesona Bau Nyale yang jatuh pada tanggal 8-15 Februari itu siap digelar, diharapkan melalui event ini memberi dampak terhadapt industri masyarakat dan masyarakat tentunya” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H Lalu Moh Faozal kepada wartawan selesai rapat.

Adapun Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Festival Pesona Bau Nyale 2020 yakni Photo Contest, Peresean, Pelatihan dasar SDM Pariwisata Goes To School, Dialog kreatif & Fashion, Pemilihan Putri Mandalika, Mandlika Fashion Karnaval, Mountain Bike Mandalika, Kampoeng Kuliner, dan tentunya malam puncak acara Festival Pesona Bau Nyale.

“Rangkaian kegiatan bau nyale itu dilaksanakan mulai tanggal 8-15 Februari. Dan lokasi puncak perayaan Bau Nyale Tahun 2020 ini di geser ke Pantai Ann,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa pemindahan lokasi perayaan puncak bau nyale yang biasanya di pusatkan di Pantai Senger itu dilakukan karena di Pantai Seger itu sedang akan kegiatan penyelesaian pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Resort. Sedangkan untuk masyarakat yang ingin menangkap nyale itu tetap bisa dilakukan di sepanjang Pantai, baik itu di Pantai Seger.

“Tidak ada larangan bagi masyarakat yang ingin menangkap nyale di Pantai. Lokasi puncak acaranya yang dipindahkan ke Pantai Ann,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat maupun semua pihak termasuk Pemerintah Daerah Lombok Tengah untuk mensuksekan kegiatan Wonderfull festival pesona bau nyale yang menjadi event nasional pertama digelar di Tahun 2020 ini.

“Untuk artis ibu kota yang akan tampil di malam puncak bau nyale itu kita sedang komunikasi dengan Bapak Bupati Lombok Tengah, H Moh Suhaili,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah, H Nasrun mengatakan, bahwa kesimpulan dari rapat koordinasi yang sudah dilakukan bahwa pemerintah Daerah Lombok Tengah sudah siap melaksanakan rangkaian festival pesona bau nyale tersebut.

“Pemindahan lokasi puncak bau nyale ke Pantai Ann itu sudah dibicarakan sejak Tahun 2019. Masyarakat yang ingin menangkap nyale tetap bisa di sepajang Pantai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut termasuk di Pantai Seger,” pungkasnya.

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).