Sabtu, 09 Oktober 2020 Usai dengan desa wisata Gili Gede kali ini berlanjut ke Desa Wisata Mekarsari Kabupaten Lombok Barat dimana ini merupakan desa ke 11 yang kita kunjungi pada program Rebound Desa Wisata kali ini.

Kepala Desa Mekarsari pada sambutannya menyampaikan Desa mekarsari memiliki geografis berbatasan langsung dengan kota madya Mataram, desa ini tidak jauh dari pasar Induk Mandalika, dan dekat dengan kawasan perhotelan di kota Mataram.

Pengembangan destinasi wisata di sini Bertema Agro edu cam karna sebagian besar potensi yang ada disini terdiri dari lahan pertanian dari jumlah wilayah desa seluas 95 hektar 75% lahan pertanian, selain pertanian masyarakat disini memiliki mata pencaharian perikanan peternakan perkebunan.

Lahan seluas 50are digunakan untuk lahan pertanian, dalam kondisi sekarang warga yg memiliki persawahan padi bsa menghasilkan uang 250rbu/4bulan, Oleh karnanya kami menginisiasi lahan petani seluas 1 are untuk digunakan sebagai homestay guna menambah penghasilan warga, di desa wisata ini kami telah membangun tempat selfie, selain itu desa kami memiliki program wisata TRI SUNAH yaitu memanah, renang dan berkuda, masyarakat yg ingin berwisata silahkan datang ke mekarsari.

Kadispar Lobar – H. Saepul Akhkam S.Ag., M.Hum pada sambutannya menyampaikan Tujuan kegiatan ini adalah rebound desa wisata, bagaimana kondisi pandemic covid ini tidak mmbuat kita surut dalam mengmbangkan diri terutama di bidang kepariwisataan, semoga apa yg dihajatkan untuk percepatan event promosi moto gp sebagai alat dorong bagi masyarakat penyangga bisa diwujudkan, salah satunya desa ini ditetapkan sebagai pendukung mensukseskan acara moto gp mendatang, di kabupaten Lobar terdapat 116 desa terdiri dari 60 desa wisata, desa mekar sari ini termasuk desa baru dari 33 desa baru di Lombok Barat, yg menarik desa ini termasuk desa yang cepat berkembangnya.

H. Lalu Moh Faozal selaku kepala dinas pariwisata provinsi NTB menyampaikan “Kita sudah melakukan kegiatan rebound ini di sepuluh destinasi wisata dan yang sekarang ini merupakan yang kesebelas sebagai destinasi terakhir pada kesempatan Rebound Desa wisata kali ini.

Desa ini memiliki kepala desa yang begitu semangat pada kesempatan ini beliau telah membuatkan kita jalan menuju desa wisata mekar sari, selain itu beliau telah menyediakan kita toilet yang dibangun hanya dalam waktu semalam saja.

Desa ini telah disiapkan untuk mendukung mandalika sebagai produk agro wisata, kesiapan desa ini luar bisa pemerinntah provinsi siap mendukung pengembangan desa wisata di kabupaten Lombok Barat

Dr. wawan Gunawan selaku Direktur Pengembangan Destinasi Regional 2 pada sambutannya menyampaikan “luar biasa semangatnya kepala desa wisata mekar sari ini dalam pembangunan pariwisata memiliki komitmen yang jelas, kami akan melanjutkaan pengembangan desa ini semua elemen sudah tersedia disini, kita harus terus membangun komunikasi demi kesuksesan bersama dalam pembangunan desa ini.

kami berharap bisa segera dapat program desa disini supaya dalam pengembangannya kedepan bisa segera dilaksanakan, jadikanlah mekarsari ini sebagai daya tarik sendiri, bagaimana kita siap jangan sampai kita menjadi penonton di Kawasan Pariwisata kita ini,
Kami berharap pemdes segera membuat paket” wisata guna mendatangkan wisata dengan menyajikan kearifan lokal disini.

Kami telah melakukan kegiatan rebound ini di 11 desa wisata hal ini merupakan sebuah travel pattern yang jelas dalam mendukung kawasan KEK Mandalika”.

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).