Refleksi akhir tahun 2015Refleksi Pembangunan Kepariwisataan NTB 2015 menuju 3 juta kunjungan wisatawan tahun 2016 digelar di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (Rabu 30/12). Acara ini dimaksudkan untuk menyampaikan hasil-hasil pembangunan kepariwisataan 2015 di Nusa Tenggara Barat, sekaligus sebagai ajang evaluasi terhadap perjalanan pembangunan kepariwisataan NTB selama tahun 2015.

Hadir dalam acara tersebut para pelaku peraiwisata, para seniman dan budayawan, SKPD terkait, pihak keamanan,insan media dan stakeholders lainnya beserta seluruh karyawan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat H.Lalu Moh. Faozal memaparkan capaian-capaian yang berhasil diraih pada sektor pariwisata selama tahun 2015. “Kita banyak meraih kesuksesan dalam perjalanan kita di tahun 2015, walaupun masih ada kekurangan disana sini”, pungkas Kadis. “Kesuksesan itu adalah kesuksesan kita bersama, kita saling bahu membahu satu sama lain untuk mencapai satu tujuan yaitu Terwujudnya Nusa Tenggara Barat sebagai Destinasi Wisata Utama Indonesia yang Berdayasaing dan Berbudaya”.

“kita sudah banyak membenahi destinasi wisata kita, begitu juga dengan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Pariwisata kita lakukan melalui bintek, pelatihan dan pendampingan dalam rangka penguatan kelembagaan kelompok”, tegas Kadis.

Lebih lanjut Kadis menyatakan bahwa “kunjungan wisatawan tahun 2015 sampai dengan Oktober 2015 telah mencapai 1,8 juta, dan kita optimis sampai dengan akhir Desember ini kita lampaui target 2 juta kunjungan itu”. “Dalam tahun 2015 ini kita juga telah melakukan kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam menghitung angka kunjungan wisatawan yang berkunjung ke NTB”.

Oleh karena itu “kami mempunyai keyakinan yang besar bahwa target 3 juta kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat pada tahun 2016 nanti, Insya allah juga akan sukses kita capai, tentunya dengan dukungan semua pihak, baik yang terkait langsung dengan sektor pariwisata maupun yang tidak terkait secara langsung”, imbuh Kepala Dinas.

Dalam tahun 2015 ini kita banyak meraih penghargaan atas keberhasilan kita dalam membangun pariwisata NTB, dan yang paling membanggakan kami insan pariwisata adalah terpilihnya Lombok sebagai Destinasi Halal Terbaik Dunia dan Destinasi Halal Terbaik Dunia untuk Bulan Madu. Hal ini merupakan peluang sekaligus sebagai tantangan untuk kita lebih baik lagi dalam mengelola kepariwisataan NTB.

Dalam acara ini juga diberikan kesempatan kepada para pelaku pariwisata, budayawan, pihak keamanan dan SKPD terkait memberikan Testimoni terhadap gerak langkah pembangunan kepariwisataan NTB di tahun 2015.

Kepala Dinas PU NTB Wedha Magma Ardhi sangat mengapresiasi keberhasilan yang dicapai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB beserta insan pariwisata lainnya dalam memajukan pariwisata NTB. Dinas PU siap mendukung pembangunan kepariwisataan NTB, dan untuk itu Dinas PU telah dan akan membangun jalan-jalan akses dari dan ke obyek-obyek wisata secara bertahap namun pasti.

Sementara itu Ketua HPI, Ainudin menyatakan bahwa warisan yang paling baik untuk anak cucu kita adalah pariwisata yang berkelanjutan, oleh karena itu mari kita bangun pariwisata NTB ini dengan baik dan berkelanjutan.

Mustakim Biawan sebagai budayawan senior mengatakan bahwa pembangunan kepariwisataan yang kita capai ini didukung oleh paling sedikit 3 hal yaitu smart, speed tinggi dan leadership, sehingga hasilnya bisa kita lihat hari ini. Oleh karena itu para wisatawan, terutama wisatawan nusantara telah menempatkan Lombok Sumbawa sebagai pilihan utama dalam berlibur atau berwisata seperti halnya Bali.

Sementara itu Kepala BPS NTB menyatakan bahwa hasil hitungan kami sampai bulan Oktober 2015 terhadap wisatawan yang menginap di Hotel Bintang telah mencapai 1,5 juta lebih. Kalau dihitung dengan yang menginap di Hotel Non Bintang, ditambah dengan yang tidak menginap, maka sampai dengan akhir Desember 2015 ini, angka kunjungan wisatawan yang ditarget 2 juta di tahun 2015 ini akan melampaui target lebih dari 2 juta.

Demikian beberapa hal yang terungkap dalam acara Repleksi pembangunan Kepariwisataan NTB 2015 menuju 3 juta kunjungan wisatawan tahun 2016.

SEMOGA TARGET INI DAPAT DICAPAI DENGAN BAIK.

BACA JUGA :