Rabu, 9 September 2020 – Revitalisasi bumi yang merupakan rangkaian dari program BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman) adalah program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bekerjasama dengan Dive clean action. Kegiatan yang berlangsung di Pantai Selong Belanak ini merupakan lokasi ke-4 setelah Pantai Pandanan, Tanjung Luar dan Gili Lampu. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pariwisata di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Bapak H. Lalu. Moh. Faozal, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah Bapak Lalu Jayadi, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi NTB bapak H. Ahlul Wakti, Kepala Camat Praya Barat Bapak Lalu Erdan dan peserta yang berjumlah 100 orang.

Direktur promosi wisata minat khusus kemenparekraf RI Ibu Adela Raung menyampaikan sambutan secara virtual. “Kegiatan ini dilaksanakan karena pandemi Covid telah berdampak besar terutama di sektor pariwisata. Tujuan revitalisasi bumi ini adalah untuk pemberdayaan pelaku pariwisata dan masyarakat yg terdampak pandemi Covid-19 di sektor pariwisata. Harapan kami agar kegiatan ini dapat berlangsung dan berjalan dengan lancar. Tetap jalanin protokol kesehatan, jaga jarak dan gunakan masker.”

Sambutan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Lombok Tengah Bapak Lalu Jayadi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih atas di hadirkannya program revitalisasi bumi ini di kawasan pantai selong belanak Kabupaten Lombok Tengah karena akan menjadi pembelajaran yang luar biasa bagi masyarakat di Lombok Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Bapak H. Lalu Moh. Faozal menyampaikan bahwa tugas terbesar kita sekarang adalah pintu masuk yang berada di Desa Prabu menuju selong belanak yang masih kotor dan banyak sampah. Sangat tidak menguntungkan untuk sektor pariwisata. Kampung nelayan menjadi sasaran untuk kegiatan aksi bersih dan masyarakat juga akan diberikan edukasi mengenai pengelolaan sampah.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari mulai pada tanggal 9 s/d 10 September 2020 di area pantai Selong Belanak.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).