seminar wastra lombok sumbawa2Rangkaian Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015 (BBLS 2015) berikutnya adalah Seminar Wastra Lombok Sumbawa yang diselenggarakan di Taman Mayura Cakranegara, salah satu destinasi wisata unggulan Kota Mataram  (pagi 24/8). Seminar yang mengambil tema “Pesona Tenun Lombok Sumbawa menembus Pasar Global” ini mendatangkan pembicara nasional seperti Ibu Oka Hatta Rajasa dan dari Pencinta dan Pemerhati Kain Tradisional Indonesia.

Seminar ini dihadiri oleh para perajin, pemerhati dan pencinta kain tenun tradisionl Lombok Sumbawa dan dari unsur pemerintah dan swasta. Acara ini dibuka oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ibu Erica Zainul Majdi.

“Saya dan kita semua berharap, ke depan kain tenun tradisional Lombok Sumbawa bisa menembus pasar global sesuai dengan tema yang kita angkat hari ini”, demikian tegas ibu Erica. Lebih lanjut Erica berpesan kepada para pencinta tenun tradisional Lombok Sumbawa terutama para perajin agar meningkatkan kapasitas dan kemampuan teknisnya dalam menggeluti seni kerajinan tenun ini, sehingga nanti produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Pada akhir sambutannya ibu Erica berharap agar acara-acara semacam ini lebih sering digelar demi kemajuan tenun tradisional Lombok Sumbawa yang kita cintai sekaligus dalam upaya kita melestarikan warisan budaya nenek moyang kita.

BACA JUGA :